Analisa Pengaruh Variasi Sudut Drive Pulley Dan Pegas Pulley Sekunder Pada Sistem Cvt Sepeda Motor 4 Langlah Terhadap Torsi Dan Daya

Fauzan, Fajar Alifio (2025) Analisa Pengaruh Variasi Sudut Drive Pulley Dan Pegas Pulley Sekunder Pada Sistem Cvt Sepeda Motor 4 Langlah Terhadap Torsi Dan Daya. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
H42210620_ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (69kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
H42210620_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
H42210620_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42210620_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi dampak variasi sudut drive pulley dan kekakuan pegas pulley sekunder dalam sistem CVT terhadap kinerja torsi dan daya pada sepeda motor Honda Beat 110cc PGM-FI. Melalui pendekatan eksperimental, penelitian mengombinasikan sudut drive pulley standar 14° dengan modifikasi 13,5° mix 13,8° serta pegas CVT berkonstanta 800 rpm (3,59 N/mm) dan 1000 rpm (4,14 N/mm). Pengujian dilakukan menggunakan alat chassis dynotest untuk mengukur parameter torsi (Nm) dan daya (HP) pada rentang putaran mesin 3000–8000 rpm dengan tiga kali pengambilan data. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan sudut pulley 13,5° mix 13,8° bersama pegas CVT 800 rpm menghasilkan performa optimal, yakni puncak torsi 8,98 Nm pada 6500 rpm dan daya maksimal 8,28 HP pada putaran yang sama. Sebaliknya, kombinasi pegas CVT 1000 rpm dengan sudut pulley yang sama justru menurunkan kinerja menjadi 7,92 Nm dan 7,81 HP. Temuan ini mengindikasikan bahwa tingkat konstanta pegas berpengaruh signifikan terhadap responsivitas perubahan rasio CVT, di mana pegas lunak (800 rpm) menjadikan akselerasi lebih cepat dan efisiensi tenaga. Implikasi praktis dari penelitian ini merekomendasikan kombinasi sudut pulley landai dan pegas berkonstanta rendah dapat meningkatkan performa motor matic, terutama dalam kondisi beban tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAzhar, Faruq AveroNIDN0017049207
Uncontrolled Keywords: Sepeda Motor, CVT, Torsi dan Daya, Drive Pulley, Pegas CVT.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 420 - Teknik Sipil dan Perencanaan Tata Ruang > 428 - Transportasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 442 - Teknik Fisika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Fajar Alifio Fauzan
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:19
Last Modified: 21 Jul 2025 02:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44172

Actions (login required)

View Item View Item