Analisis Usaha Sosis Solo Anek Rasa Di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Firansyah, Fani (2025) Analisis Usaha Sosis Solo Anek Rasa Di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sosis solo adalah salah satu jajanan tradisional yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, tepung tapioka, diolah menjadi adonan melalui proses pencetakan kulit dan pemberian isian dengan daging ayam. Umumnya, sosis solo hanya dibuat dengan varian rasa original. Oleh karena itu, untuk menghasilkan cita rasa baru, dibuatlah inovasi sosis solo varian pedas, agar memiliki cita rasa yang gurih. Produksi sosis solo dilakukan sebanyak 5 kali, dengan setiap produksi menghasilkan 25 kemasan. Setiap produksi membutuhkan waktu lima jam dan menggunakan 1 tenaga kerja. Metode analisis yang digunakan yaitu: BEP (Produksi) sebesar 15,78 -/kemasan dari total 25 kemasan, BEP (Harga) sebesar 6.321,6532 per kemasan dengan harga jual Rp 10.000 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,58, dan ROI mencapai 8,27%. Pemasaran sosis solo menggunakan strategi bauran pemasaran 4P, yaitu (Product) produk, (Price) harga, (Place) distribusi atau tempat, dan (Promotion) promosi. Produk yang ditawarkan adalah sosis solo dengan harga yang ditetapkan sebesar Rp 10.000 per kemasan. Produksi dilakukan di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Promosi yang dilakukan dalam pemasaran produk sosis solo melalui media sosial dengan membuat story WhatsApp dan Instagram. Produk sosis solo juga menggunakan sistem pre-order dengan tenggat waktu 1 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHudori, Huda AhmadNIDN19900515201903101
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Pemasaran, Sosis Solo
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 217 - Budidaya Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fani Firmansyah
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:19
Last Modified: 16 Jul 2025 02:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43906

Actions (login required)

View Item View Item