Analisis Usaha Bir Pletok Celup di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Wardasalma, Fairus Salsabila (2025) Analisis Usaha Bir Pletok Celup di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (465kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bir Pletok Celup yaitu inovasi dari produk minuman tradisional terbuat dari tanaman toga dengan menggunakan teknik pengeringan. Tugas akhir ini dilaksanakan di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Waktu pelaksanaan dilakukan selama 5 bulan yakni pada tanggal 23 Juli 2024 sampai tanggal 31 Desember 2024. Tugas akhir ini bertujuan untuk menjalankan proses produksi, melakukan analisis usaha dan melakukan kegiatan pemasaran. Proses produksi yang telah dilakukan mencakup beberapa tahap, mulai dari persiapan alat dan bahan, pencucian bahan, pemotongan bahan, pengeringan bahan, penghalusan bahan, penimbangan dan pengemasan primer, pengemasan sekunder, hingga pada pengemasan tersier. Metode analisis yang diterapkan berupa BEP (produksi), BEP (harga), R/C Ratio, dan ROI. Hasil analisis usaha menunjukkan bahwa nilai BEP (produksi) mencapai 13,12 box dari total produksi 20 box, dengan BEP (harga) sebesar Rp 11.149 per box dari harga jual Rp 17.000 per box. Selain itu, R/C Ratio sebesar 1,52 dan ROI sebesar 9,37%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, usaha ini dapat dinilai layak untuk dijalankan. Produk bir pletok celup menggunakan konsep pemasaran 4P yang mencakup produk, harga, tempat, dan promosi. Penjualan kepada konsumen dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan promosi yang dilakukan melalui media sosial dan interaksi langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Uncontrolled Keywords: BEP, Bir Pletok Celup, R/C Ratio, ROI
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fairus Salsabila Wardasalma
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:03
Last Modified: 15 Jul 2025 06:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43820

Actions (login required)

View Item View Item