Permatasari, Rita (2025) Analisis Usaha Keripik Kulpi Mania Aneka Rasa di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (8kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (17kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (276kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas akhir ini bertujuan dapat melaksanakan proses produksi keripik KULPI, melakukan analisis usaha, dan menerapkan bauran pemasaran pada produk keripik KULPI. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 6 (enam) bulan dimulai dari tanggal27 Juli hingga 16 Desember 2024 yang dilaksanakan di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Metode pengumpulan yang digunakan yaitu metode data primer dan data sekunder. Harga pokok produksi keripik KULPI sebesar Rp 3.778,96 dengan harga jual seragam yaitu Rp 5.000,00 per kemasan dan harga jual ke seller Rp 4.500,00 per kemasan untuk semua varian dengan berat bersih 60 gram untuk varian balado daun jeruk, BBQ spicy, dan chili roast beefdan 50 gram untuk varian chocolate. Produksi keripik KULPI Mania Aneka Rasadalam 5 (lima) kali produksi menghasilkan 223 kemasan yang terdiri dari varian chocolateterjual sebanyak 105 kemasan, balado daun jeruk terjual sebanyak 102 kemasan, BBQ spicy terjual sebanyak8 kemasan dan chili roast beef terjual sebanyak 8 kemasan. Varian rasa chocolate dan balado daun jeruk menjadi varian favorit konsumen. Analisis usaha keripik KULPI Mania Aneka Rasa menggunakan metode analisis Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan analisis Return on Investment (ROI) yang didasari dengan data catatan keuangan. Perhitungan analisis usaha keripik KULPI Mania Aneka Rasa menggunakan produksi yang kelima karena jumlah peningkatan produksipaling tinggi yaitu sebanyak 53 kemasan. Hasil perhitungan analisis usaha nilai R/C Ratio mencapai 1,30 yang menunjukkan bahwa setiap Rp 1 biaya menghasilkan pendapatan Rp 1,30 dan ROI sebesar 11,02% yang memerlukan 10kali produksi untuk mengembalikan total aset. Sehigga berdasarkan perhitungan analisis usaha tersebut, maka usaha keripik KULPI Mania Aneka Rasa layak untuk dikembangkan dan menguntungkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | AnalisisUsaha, Keripik KULPI | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Rita Permatasari | ||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:18 | ||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:20 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |