Rancang Bangun Media Pembelajaran Struktur Atom & Molekul pada Materi Kimia Berbasis Augmented Reality

Fajriyah, Novita Yunda (2025) Rancang Bangun Media Pembelajaran Struktur Atom & Molekul pada Materi Kimia Berbasis Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
E31221480 Novita Yunda Fajriyah - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
E31221480 Novita Yunda Fajriyah - Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (235kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
E31221480 Novita Yunda Fajriyah - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31221480 Novita Yunda Fajriyah - Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran kimia, khususnya materi struktur atom dan molekul, sering kali dianggap sulit oleh siswa karena bersifat abstrak dan sulit dibayangkan hanya melalui buku. Di SMA Negeri Balung, metode pembelajaran masih dominan menggunakan ceramah yang membuat siswa kurang tertarik dan cenderung hanya menghafal. Untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah, dikembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang menampilkan model atom dan molekul 3D secara langsung di layar perangkat digital melalui pemindaian kartu bergambar (marker). Media ini memungkinkan siswa melihat bentuk struktur atom dan molekul secara nyata dan lebih interaktif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 60 menjadi 87,3 setelah penggunaan aplikasi. Sebanyak 95,26% responden menyatakan bahwa aplikasi ini menarik, mudah digunakan, dan materinya mudah dipahami. Selain itu, keberhasilan aplikasi ini juga didukung oleh beberapa kondisi tertentu. Pendeteksi marker berjalan optimal pada pencahayaan ≥ 39 Lux dan jarak sekitar 50 cm dengan sudut kamera 0° atau 90°. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR tidak hanya menarik, tetapi juga efektif digunakan selama berada dalam kondisi pencahayaan dan posisi kamera yang sesuai. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menjadi solusi pembelajaran kimia yang interaktif dan mempermudah siswa dalam memahami konsep yang bersifat abstrak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRiskiawan, Hendra YufitNIDN0003028302
Uncontrolled Keywords: Rancang Bangun, Media Pembelajaran, 3d Struktur Atom & Molekul, Dua Marker, Materi Kimia, Augmented Reality, Metode R&D, Model ADDIE
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 112 - Kimia
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 770 - Ilmu MIPA > 774 - Pendidikan Kimia
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 802 - Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Novita Yunda Fajriyah
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:32
Last Modified: 30 Jun 2025 03:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42694

Actions (login required)

View Item View Item