Sadek, Muh Rusydi Hanif Tamrin (2023) Analisis Tingkat Kesiapan Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode 5M Di RSUP Prof. dr. I.G.N.N Ngoerah Denpasar. [Experiment] (Unpublished)
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan Lap PKL.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (120kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Lap PKL.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (222kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan MAGANG 3_Muh Rusydi Hanif TS_G41202402.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Lap PKL.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (121kB) |
Abstract
Pengembangan sistem informasi manajemen rumah sakit mencakup pendataan dan pencatatan rekam medik merupakan salah satu perwujudan manajemen rumah sakit yang dapat mewujudkan Permenkes No 3 Tahun 2020 dalam hal tujuan rumah sakit menyediakan pelayanan paripurna. Manajerial rumah sakit perlu memikirkan manajemen sistem penyimpanan data sehingga dapat menjaga kerahasiaan dan meningkatkan efektivitas alur pelayanan kesehatan di rumah sakit. Dalam hal ini, dapat diperhatikan pengembangan pendaftaran online yang mulai diberlakukan oleh RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar. Pendaftaran online pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar, merupakan langkah awal pencatatan layanan kesehatan pada pasien. Namun, menurut studi pengamatan yang dilakukan penulis, terdapat ketidakefektifan sistem pendaftaran online terhadap jumlah total kunjungan pasien rumah sakit. Setelah dilakukan analisis dan wawancara pada civitas rumah sakit, ditemukan masalah – masalah yang menjadi penyebab ketidakefektifan pendaftaran online tersebut. Analisis dilakukan menggunakan metode 5M yaitu, Man, Money, Method, Material, Machine. Ditemukan masalah pada komponen Man, Material, dan Machine. Pada komponen Man ditemukan masalah yaitu petugas yang belum memiliki latar belakang pendidikan rekam medis dan belum terdapat pelatihan mengenai sistem pendaftaran online berkala. Pada komponen Material ditemukan masalah yaitu kendala lapangan pasien yang masih banyak belum mendaftar online. Pada komponen Machine, rangkaian sarana dan prasarana APM sudah vi disederhanakan namun banyak pasien yang belum mengerti penggunaannya. Selanjutnya, masalah – masalah tersebut dilakukan analisis penyebab masalah dan alternatif pemecahan masalah menggunakan metode FOCUS yaitu, Find, Organize, Clarify, Understand, dan Select. Diputuskan bahwa ketiga masalah pada komponen Man, Material dan Machine perlu diselesaikan sesuai dengan urgensinya. Kemudian, penulis memberikan rekomendasi rencana pemecahan masalah dengan metode PDCA yaitu, Plan, Do, Act, dan Check. Metode FOCUS – PDCA membahas menyeluruh mengenai sistem manajerial rumah sakit yang dapat diperbaiki serta individu – individu yang terlibat dalam pemecahan masalah tersebut.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Pendaftaran Online; Metode 5M | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Muh Rusydi Hanif Tamrin Sadek | ||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:58 | ||||||
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:59 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |