Perancangan UI/UX Berbasis Pengalaman dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Barbershop)

Kusuma Ningrum, Putri Rahayu (2025) Perancangan UI/UX Berbasis Pengalaman dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Barbershop). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (255kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Layanan barbershop yang terus berkembang membutuhkan sistem efisien untuk mengelola antrian dan jadwal pelanggan. Sistem manual menyebabkan ketidaknyamanan bagi pelanggan, seperti waktu tunggu lama dan kesulitan dalam mengatur jadwal. Perancangan UI/UX berbasis pengalaman pengguna sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pelayanan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah antrian yang tidak terstruktur dengan baik, mengakibatkan ketidakpastian waktu tunggu dan kurangnya transparansi dalam pemilihan pegawai dan layanan, yang menurunkan kepuasan pelanggan. Tujuan perancangan ini adalah menciptakan sistem booking efisien melalui aplikasi mobile dengan desain UI/UX yang menarik dan mudah digunakan, serta mampu mengatasi masalah waktu tunggu dan ketidaknyamanan. Metode yang digunakan adalah Design thinking yang terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Proses ini bertujuan menghasilkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil yang dicapai adalah prototype interaktif mobile untuk barbershop yang memungkinkan pelanggan memesan layanan secara online. Pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor rata-rata 91,73, yang menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. Dampak yang diberikan adalah meningkatnya efisiensi operasional barbershop dan kepuasan pelanggan yang mendukung daya saing barbershop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, S.Kom., M.Kom., Ulfa EmiNIDN0028069702
Uncontrolled Keywords: Design thinking, UI/UX, Sistem Booking, System Usability Scale (SUS), Pengalaman Pengguna, Barbershop.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika (Nganjuk) > Tugas Akhir
Depositing User: Putri Rahayu Kusuma Ningrum
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:09
Last Modified: 23 Jun 2025 03:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42285

Actions (login required)

View Item View Item