ali, Abdullah (2025) Pengembangan Bot Virtual Assistant Llm Meta Llama Di Whatsapp Untuk Otomatisasi Layanan Tagid. [Experiment] (Unpublished)
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (6kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (105kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (116kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Transformasi digital membawa perubahan besar dalam ekonomi dan bisnis, termasuk melalui teknologi AI seperti bot virtual assistant berbasis Large Language Model (LLM). Bot ini mampu berinteraksi secara cerdas dan efisien, serta berguna di berbagai sektor seperti pendidikan dan layanan kesehatan. TAGID, produk digital dari PT. Digital Netwerk Venture Indonesia, menghadapi tantangan dalam memberikan layanan cepat dan efisien akibat masih digunakannya metode manual. Untuk mengatasi hal ini, TAGID mengembangkan Bot Virtual Assistant berbasis LLM Meta Llama di WhatsApp guna meningkatkan respons layanan, mempermudah interaksi pengguna, serta mendukung registrasi dan transaksi. Dengan otomatisasi ini, layanan TAGID menjadi lebih cepat, tersedia 24/7, dan mengurangi beban tim customer service, memungkinkan fokus pada tugas strategis.. Program magang berlangsung selama 6 bulan, dari 5 Agustus 2024 hingga 7 Februari 2025, secara onsite di PT. Digital Netwerk Venture Indonesia, Kota Malang, dengan fokus pada pengalaman langsung dalam lingkungan kerja untuk mempersiapkan karir mahasiswa. Pengembangan bot virtual assistant berbasis Meta LLaMA di WhatsApp untuk layanan otomatisasi TAGID meliputi beberapa tahap: perencanaan kebutuhan melalui meeting, pembuatan flow layanan, dan implementasi dasar seperti integrasi dengan Midtrans untuk pembayaran. Setelah itu, dilakukan testing awal untuk memeriksa fungsi utama, seperti registrasi dan pengelolaan akun, diikuti penyempurnaan dengan debugging, peningkatan keamanan, dan perbaikan prompt sistem. Tahap lanjutan mencakup penambahan fitur seperti registrasi untuk orang lain, upgrade plan, dan pengelolaan data akun. Testing menyeluruh memastikan kompatibilitas fitur baru, diakhiri dengan finalisasi untuk menghadirkan bot yang andal, efisien, dan mudah digunakan.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | PKL, Praktik Kerja Lapangaa, The Netwerk, Malang, Magang | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL | ||||||
Depositing User: | Abdullah Ali | ||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2025 04:00 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2025 04:00 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |