Analisis Usaha Go Hyong Mantulity Di Desa Tangsil Kulon Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso

Ulfa, Musyarafah (2025) Analisis Usaha Go Hyong Mantulity Di Desa Tangsil Kulon Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (116kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Go hyong merupakan makanan yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan daging ayam cincang yang dicampur dengan tepung tapioka kemudian digoreng. Go hyong biasanya juga disajikan dengan kuah bercita rasa gurih yang terbuat dari campuran kecap asin dan gula merah. Tujuan dari tugas akhir ini adalah melaksanakan proses pembuatan go hyong, menganalisis kelayakan usaha go hyong, menjalankan pemasaran usaha go hyong. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 5 bulan, dimulai dari tanggal 31 Juli 2024 sampai dengan 31 Desember 2024 di Desa Tangsil Kulon Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Pemasaran pada produk go hyong dilakukan secara langsung yakni menjual langsung kepada konsumen tanpa adanya perantara. Sedangkan untuk promosi dilakukan secara online dan offline. Promosi online yakni dengan menggunakan media sosial whatsapp dan dengan sistem pre order sedangkan secara offline yakni menawarkan langsung kepada konsumen. Metode yang digunakan dalam analisis tugas akhir ini yaitu Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) dan Return On Invesment (ROI). Proses produksi dilakukan dengan rentang waktu setiap satu minggu sekali sebanyak 5 kali proses produksi. Satu kali proses produksi menghasilkan 20 kemasan produk go hyong dengan harga jual per kemasan Rp10.000,-. Hasil dari analisis usaha tersebut diperoleh BEP (hasil/produksi) pada konsumen akhir sebanyak 16,36 kemasan dari volume penjualan 20 kemasan dalam satu kali produksi, BEP (harga) sebesar Rp8.182 per kemasan dari harga jual Rp10.000 per kemasan, Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) sebesar 1,22 dan Return On Invesment (ROI) sebesar 4,65%. Berdasarkan dari analisis usaha tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha Go Hyong ini layak untuk diusahakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAnggraeni, Oktanita JayaNIDN0005108101
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Go Hyong
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Musyarafah Ulfa
Date Deposited: 20 Jun 2025 04:40
Last Modified: 20 Jun 2025 04:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41969

Actions (login required)

View Item View Item