Habibie, Bachtiar Arya (2025) Implementasi Yolo v8 Pada Aplikasi Edukasi Aksara Jawa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan / Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (193kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (209kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (187kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Bachtiar Arya Habibie.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengatasi kurangnya media pembelajaran interaktif untuk aksara Jawa dengan mengembangkan game edukasi berbasis visi komputer menggunakan model YOLO v8. Metodologi meliputi perancangan sistem, pengumpulan tiga dataset—utama (3.000 sampel), sekunder (250 sampel), dan campuran (3.250 sampel)—dan pelatihan YOLO v8 secara terpisah untuk menganalisis pengaruh jenis data terhadap deteksi. Hasil menunjukkan YOLO v8 efektif mendeteksi aksara Jawa, dengan model pada dataset utama dan campuran menunjukkan performa terbaik (presisi, recall, mAP > 99%), sedangkan dataset sekunder sedikit lebih rendah (presisi 96%, recall 97%, mAP 98%), menegaskan pentingnya kuantitas dan distribusi data. Pengujian white-box menunjukkan aplikasi berjalan efisien (waktu eksekusi 0–2 detik tanpa kesalahan), pengujian black-box memastikan semua fungsi terpenuhi, dan UAT mencatat tingkat kepuasan pengguna rata-rata 90,71%. Disimpulkan implementasi YOLO v8 berhasil meningkatkan minat dan efektivitas pembelajaran aksara Jawa, dengan rekomendasi pengembangan dataset lebih luas, optimasi untuk perangkat mobile, dan penambahan fitur gamifikasi yang lebih kompleks.
Actions (login required)
![]() |
View Item |