Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pemain Tim E-Sport Divisi Pubg Mobile Berbasis Website Menggunakan Metode Support Vector Machine

Tambunan, Kristopher Yohanes Immanuel (2025) Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pemain Tim E-Sport Divisi Pubg Mobile Berbasis Website Menggunakan Metode Support Vector Machine. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan / Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (226kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri e-sport, khususnya PUBG Mobile,semakin pesat dan mendorong perlunya seleksi pemain yang efektif untuk membentuk tim yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis website untuk proses rekrutmen pemain tim e-sport divisi PUBG Mobile Jember, menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Data yang digunakan meliputi empat kriteria utama, yaitu KD (Kill/Death Ratio), Win Ratio, Accuracy, dan Headshot Rate, yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan ESI Jember. Tahapan penelitian mencakup normalisasi data menggunakan StandardScaler, pelabelan data menggunakan KMeans Clustering untuk membentuk pseudo-label, serta pelatihan dan evaluasi model SVM dengan kernel RBF. Evaluasi model dilakukan dengan metode cross validation menggunakan skenario pembagian data 70:30 dan 80:20, serta penggunaan k-fold = 5 dan k-fold = 10. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model terbaik diperoleh pada parameter complexity = 2 dan gamma = 0,2 dengan akurasi rata-rata cross-validation sebesar 97,59% dan akurasi pada data uji sebesar 98,32%. Sistem berbasis website ini diharapkan dapat memudahkan admin ESI Jember dalam mengelola data kandidat, melakukan prediksi kelayakan pemain, dan membantu pengambilan keputusan rekrutmen yang lebih objektif dan akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAtmadji, Ery Setiyawan JullevNIDN0010078903
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Support Vector Machine, PUBG Mobile, E-Sport, K-Means Clustering.
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 121 - Matematika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 770 - Ilmu MIPA > 772 - Pendidikan Matematika
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 786 - Pendidikan Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Kristopher Yohanes Immanuel Tambunan
Date Deposited: 05 Jun 2025 09:48
Last Modified: 05 Jun 2025 09:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41623

Actions (login required)

View Item View Item