Hamzah Zainniry, Widya Poernama (2025) Analisis Usaha Kopi Sangrai Modern (Glenmore Coffee) Di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (14kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (357kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (691kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Produk Kopi Sangrai Modern (Glenmore Coffee) adalah produk kopi yang dihasilkan melalui proses penyangraian secara semi-otomatis yang dapat mengontrol suhu secara tepat, dan kecepatan perputaran drum yang dapat diatur sesuai keinginan. Kopi yang digunakan merupakan Biji Kopi Lampung Robusta dengan kualitas cukup baik dan diminati oleh berbagai kalangan anak muda serta penikmat kopi. Kegiatan Tugas Akhir ini dilaksanakan di Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang dimulai tanggal 5 September 2023 hingga 28 Desember 2023. Tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk mengetahui bagaimana proses produksi, analisis usaha, dan pemasaran dari Kopi Sangrai Modern (Glenmore Coffee). Pemasaran yang digunakan pasa usaha ini meliputi 4P yakni Product, Price, Promotion dan Place. Metode analisis yang digunakan adalah BEP, R/C Ratio, dan ROI. Proses produksi yang telah dilakukan sebanyak 5 kali produksi selama 5 hari. Untuk satu kali produksi membutuhkan 1 tenaga kerja dengan waktu kerja selama 2,38 jam. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, adapun tahapan proses produksi Kopi Sangrai Modern (Glenmore Coffee) yaitu, persiapan alat dan bahan, penyangraian biji kopi, proses pendinginan, proses penggilingan, penyimpanan, masa istirahat, pelabelan, penimbangan dan pengemasan. Saluran pemasaran digunakan yaitu saluran pemasaran langsung dan tidak langsung. Secara langsung berawal dari produsen yang dijual secara langsung ke konsumen. melalui promosi secara offline atau personal selling dengan bertemu tatap muka langsung dan memperkenalkan produk ke calon konsumen. Sedangkan pemasaran secara tidak langsung promosi melalui online dengan memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Kopi Robusta, Kopi Sangrai, Sangrai Modern | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Hamzah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2025 09:47 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2025 09:47 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |