Fitriani, Sazkia (2025) Analisis Usaha Dimsum Udang Jamur Frozen "D'UDJA" Di Desa Kemuning Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
RINGKASAN .pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (380kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (378kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (463kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan TA Sidang- LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Usaha Dimsum Udang Jamur Frozen memiliki brand product yaitu “D’UDJA” yang merupakan bentuk inovasi baru yang berbahan dasar dari kepala udang dan jamur kuping yang diolah menjadi makanan modern yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Tugas akhir ini memiliki tujuan untuk melaksanakan proses produksi Dimsum Udang Jamur Frozen “D’UDJA”, melakukan analisis kelayakan usaha, dan pemasaran produk. Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan dalam kurun waktu 5 bulan, dimulai dari 1 Agustus hingga 31 Desember 2024. Proses produksi dilakukan secara metode praktik langsung, mulai dari persiapan alat dan bahan, memotong bahan, menumis daun bawang, menghaluskan bahan, mencampurkan dan membungkus dengan kulit dimsum, mengukus dimsum hingga pengemasan dan pelabelan. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio, ROI, dan B/C Ratio. Berdasarkan analisis usaha yang sudah dilakukan memperoleh hasil BEP Produksi sebesar 71,84 kemasan dengan jumlah produksi 80 kemasan, BEP Harga sebesar Rp. 9.897,3/kemasan dengan harga jual produk sebesr Rp.11.000/kemasan, R/C Ratio sebesar 1,11, ROI sebesar 0,58%, dan B/C Ratio sebesar 0,11. Hasil perhitungan tersebut, usaha Dimsum Udang Jamur Frozen “D’UDJA” menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran STP (Segmentation dari segi demografis dan geografis, Targeting yang dituju adalah semua kalangan akan tetapi dari usia 15 hingga 40 tahun menjadi target utamanya, Positioning usaha ini tidak memiliki pesaing lain) dan 4P (Produk yang ditawarkan yaitu Dimsum Udang Jamur Frozen “D’UDJA”, Price yang ditetapkan Rp.11.000/kemasan, Place menggunakan saluran distribusi secara langsung dan tidak langsung, Promotion menggunakan penjualan secara langsung melalui media sosial). Kata Kunci : Analisis Usaha, Dimsum Udang Jamur Frozen, Pemasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Analisis Usaha, Dimsum Udang Jamur Frozen, Pemasaran | ||||||
Subjects: | 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Kampus Bondowoso) > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Sazkia Eka Fitriani | ||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 05:48 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2025 05:48 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |