Hidayat, Roman (2025) Analisis Variasi Diameter Piringan Cakram Terhadap Momen Gesek,Jarak Dan Waktu Pengereman Pada Sepeda Motor. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (333kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (281kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (207kB) |
![]() |
Text (Laporan lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi diameter piringan cakram terhadap momen gesek, jarak pengereman, dan waktu pengereman pada sepeda motor Supra X 125. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengujian tiga variasi ukuran piringan cakram, yaitu 220 mm (standar), 260 mm, dan 300 mm, dengan kecepatan 20 km/jam, 30 km/jam, dan 40 km/jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin besar diameter piringan cakram, semakin tinggi momen gesek yang dihasilkan. Pada piringan cakram 300 mm, nilai momen gesek tertinggi tercatat sebesar 7246,1 N.m. Selain itu, jarak pengereman terpendek ditemukan pada piringan cakram 300 mm, yaitu 9,5 meter pada kecepatan 20 km/jam, kecepatan 30 km/jam = 18,20 meter, kecepatan 40 km/jam = 27,2 meter .Waktu pengereman juga menunjukkan pola serupa, di mana piringan cakram 300 mm memiliki waktu pengereman tersingkat sebesar 3,63 detik pada kecepatan 20 km/jam, kecepatan 30 km/jam = 5,52 detik, kecepatan 40 km/jam = 6,35 detik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan piringan cakram dengan diameter lebih besar meningkatkan efektivitas pengereman dengan memperpendek jarak dan waktu pengereman serta meningkatkan momen gesek. Hal ini menunjukkan bahwa variasi ukuran piringan cakram berpengaruh signifikan terhadap performa pengereman sepeda motor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Piringan cakram, momen gesek, jarak pengereman, waktu pengereman, sepeda motor | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 781 - Pendidikan Teknik Mesin 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 785 - Pendidikan Teknik Otomotif |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Roman Hidayat | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2025 07:23 | ||||||
Last Modified: | 02 May 2025 07:23 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40910 |
Available Versions of this Item
- Analisis Variasi Diameter Piringan Cakram Terhadap Momen Gesek,Jarak Dan Waktu Pengereman Pada Sepeda Motor. (deposited 02 May 2025 07:23) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |