Analisis Pengaruh Struktur Rangka Terhadap Stres, Displacement Dan Factor Of Safety Pada Chasis Kendaraan Hemat Energi Menggunakan Software Solidworks 2021

Siswanto, Muhamad Hadi (2025) Analisis Pengaruh Struktur Rangka Terhadap Stres, Displacement Dan Factor Of Safety Pada Chasis Kendaraan Hemat Energi Menggunakan Software Solidworks 2021. Undergraduate thesis, Politeknik Negri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (147kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis desain rangka kendaraan hemat energi menggunakan struktur ladder frame berbahan aluminium 6061 dengan dua struktur material: decacomb dan hollow. Simulasi dilakukan untuk mengevaluasi efek pembebanan statis pada kedua material dalam hal tegangan maksimum, deformasi (displacement), dan faktor keamanan (factor of safety). Material decacomb menunjukkan tegangan maksimum sebesar 21,50 MPa dan displacement sebesar 0,51 mm pada tumpuan beban pengemudi dan mesin dengan pembebanan statis 70 kg (686 N). Sebaliknya, material hollow menunjukkan tegangan maksimum 27,94 MPa dan displacement sebesar 1,06 mm pada tumpuan as roda belakang, yang menunjukkan deformasi lebih besar. Material decacomb memiliki factor of safety minimum sebesar 12,84, lebih tinggi dibandingkan hollow yang hanya mencapai 9,88, menunjukkan distribusi beban yang lebih baik dan keandalan struktural yang lebih tinggi. Oleh karena itu, desain rangka decacomb lebih efisien digunakan pada kendaraan hemat energi karena memiliki ketahanan terhadap beban dan deformasi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Uncontrolled Keywords: frame design, energy-efficient vehicle, ladder frame, decacomb, hollow, aluminum 6061, factor of safety
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Muhamad Hadi Siswanto
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:18
Last Modified: 10 Mar 2025 02:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40297

Actions (login required)

View Item View Item