Analisis Usaha Bolu Kukus Kopi di Desa Kalianyar Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso

Sakdiah, Halimatus (2025) Analisis Usaha Bolu Kukus Kopi di Desa Kalianyar Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
D31222460_HALIMATUS SAKDIAH_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (253kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
D31222460_HALIMATUS SAKDIAH_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (640kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
D31222460_HALIMATUS SAKDIAH_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (424kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31222460_HALIMATUS SAKDIAH_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bolu kukus kopi merupakan jajanan ringan berbentuk cupcake yang mekar dengan tambahan bubuk kopi dan pasta berbagai varian rasa, sebagai inovasi yang masih jarang ditemukan di pasaran. Bolu kukus kopi ini menjadi alternatif menarik bagi konsumen yang ingin menikmati rasa kopi dalam bentuk kue, dan cocok dinikmati oleh berbagai khalayak, termasuk orang dewasa dan anak-anak. Tujuan dari tugas akhir ini untuk melaksanakan proses produksi, menganalisis usaha, dan menerapkan pemasaran produk bolu kukus kopi. Kegiatan berlangsung selama lima bulan, dari 10 Agustus 2024 hingga 23 Desember 2024, di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup metode pengumpulan data primer dan metode pengumpulan data sekunder. Proses produksi dilaksanakan sebanyak lima kali dengan setiap produksi berlangsung selama enam jam dan melibatkan satu tenaga kerja, menghasilkan 32 kemasan per produksi, di mana setiap kemasan berisi 3 pcs bolu kukus kopi dengan harga jual Rp10.000,-/ kemasan. Hasil analisis usaha menunjukkan hasil yang menguntungkan dengan BEP produksi sebanyak 24,72 kemasan, BEP harga Rp 7.728,5,-/kemasan, R/C Ratio sebesar 1,29, dan ROI mencapai 8,10%. Hasil dari analisis usaha tersebut, produk bolu kukus kopi dianggap layak untuk dijalankan. Pemasaran yang diterapkan dalam usaha ini melibatkan bauran pemasaran 4P yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Usaha bolu kukus kopi ini menggunakan saluran pemasaran langsung serta promosi melalui personal selling dan media sosial seperti WhatsApp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHudori, Huda AhmadNIDN0015059008
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Bolu Kukus, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Halimatus Sakdiah
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:29
Last Modified: 07 Mar 2025 02:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40209

Actions (login required)

View Item View Item