Pengaruh Variasi Tinggi Bukaan Katup Dan Remap Ecu Standar Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Vario Fi 125cc

Kamajaya, Indra (2025) Pengaruh Variasi Tinggi Bukaan Katup Dan Remap Ecu Standar Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Vario Fi 125cc. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text (Laoran Lengkap)
Laporan Lengkap_Indra Kamajaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat sepeda motor diikuti oleh kemajuan komponen pendukungnya. Selain sebagai alat transportasi, motor sering dimodifikasi untuk meningkatkan performa, salah satunya melalui camshaft. Camshaft pada motor empat langkah mengatur aliran udara dan bahan bakar ke ruang bakar, sedangkan ECU pada mesin injeksi mengoptimalkan campuran bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pembakaran dan mengukur perbandingan torsi serta daya pada mesin Vario FI 125cc. Menggunakan dua metode kuantitatif, pengujian dilakukan pada camshaft standar dengan tinggi bukaan katup hisap 6,5 mm dan katup buang 6 mm, serta camshaft step 1 (katup hisap 8 mm, katup buang 7,9 mm) dan step 2 (katup hisap 9 mm, katup buang 8,9 mm). Sebelum remap ECU, camshaft step 1 menunjukkan torsi 8,12 Nm dan daya 12,53 Hp. Setelah remap, camshaft step 1 mencapai torsi 8,27 Nm dan daya 13,21 Hp. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa peningkatan tinggi bukaan katup meningkatkan volume udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, meningkatkan torsi dan daya, tetapi juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Jika bukaan katup terlalu tinggi, penyesuaian pada komponen mesin lain mungkin diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Uncontrolled Keywords: Camshaft, Daya, Engine Control Unit, Performansi, Sepeda Motor, Torsi.
Subjects: 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 781 - Pendidikan Teknik Mesin
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 785 - Pendidikan Teknik Otomotif
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 788 - Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Indra Kamajaya
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:23
Last Modified: 07 Mar 2025 02:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40165

Actions (login required)

View Item View Item