Pengaruh Variasi Elektroda Generator HHO Wett Cell Terhadap Produksi Brown Gas Serta Performa dan Emisi Pada Sepeda Motor 110cc

Nala Ciptoadi, Galih (2025) Pengaruh Variasi Elektroda Generator HHO Wett Cell Terhadap Produksi Brown Gas Serta Performa dan Emisi Pada Sepeda Motor 110cc. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (125kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hidrogen salah satu unsur yang bisa didapat dengan mudah, salah satunya dengan menggunakan metode elektrolisis. Elektrolisis merupakan metode untuk memecah senyawa air (H_2 O) menjadi unsur hidrogen dan oksigen dengan bantuan elektrolit untuk meningkatkan aktivasi pembelahan. Hidrogen sendiri memiliki oktan sebesar 130 sehingga dapat menghasilkan energi yang besar. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian ekperimental untuk mengetahui pengaruh plat elektroda terhadap debit, torsi (Nm), dan daya (Hp). Generator HHO yang digunakan bertipe wet cell dengan seluruh plat elektroda terkena cairan elektrolit dengan menambahkan NaOH sebanyak 100 gram. Variasi yang dilakukan pada penelitian menggunakan versi standart (tanpa generator HHO), SS304, dan SS316 dengan kontrol arus amper 2A, 3A, dan 4A. Hasil dari penelitian SS304 memiliki keunggulan yang lebih dari pada SS316 dengan selisih 1% pada arus 2A dan 3% pada arus 3A. Pengujian torsi (Nm) SS304 lebih unggul pada konstrol 4A dengan rata- rata peningkatan sebesar 10,78% dari standart. Pengujian daya (Hp) yang terbaik ada di SS304 dengan peningkatan 17,49% dari standart, dan pada pengujian ke 3 ada pada SS304 pada arus 3A dengan selisih dengan standart sebesar 10,27%. Pengujian emisi paling baik ada pada SS316 pada 2A dengan penurunan emisi hidrokarbon (HC) paling besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAvero Azhar, FaruqNIDN0017049207
Uncontrolled Keywords: Generator HHO, Debit HHO ,Performa Kendaraan, Emisi Kendaraan
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 112 - Kimia
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Galih Nala Ciptoadi
Date Deposited: 24 Feb 2025 03:48
Last Modified: 24 Feb 2025 03:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40101

Actions (login required)

View Item View Item