Analisis Usaha Keripik Potato Spicy Caramel Di Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

Jessica Putri, Chintya (2025) Analisis Usaha Keripik Potato Spicy Caramel Di Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK Chintya.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN Chintya.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Chintya.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (37kB)
[img] Text (LAPORAN TA)
LAPORAN TA Chintya Jessica Putri.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Analisis usaha bertujuan dapat melaksanakan kegiatan proses produksi dan menerapkan analisis usaha keripik potato spicy caramel dengan menggunakan analisis BEP, R/C Ratio dan ROI serta dapat menerapkan bauran pemasaran yakni 4P (Marketing Mix). Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pelaksanaan kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan selama enam bulan dimulai bulan Juli 2024 hingga Desember 2024 di Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Proses produksi dan pemasaran keripik potato spicy caramel dilakukan sebanyak lima kali, kegiatan produksi dilakukan selama satu minggu sekali hanya membutuhkan satu tenaga kerja bisa menghasilkan sebanyak 21 kemasan seberat 70 gram per kemasan dengan harga jual Rp 12.000.- /kemasan, keuntugan usaha sebesar Rp 47.632,- dalam satu kali produksi. Berdasarkan analisis usaha diperoleh nilai BEP (produksi) sebayak 17 kemasana dari total produksi sebanyak 21 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 9.732,-/kemasan dengan harga jual Rp 12.000,-/kemasan, R/C Ratio sebesar 1,23 dan ROI sebesar 4,60%. Maka usaha keripik potato spicy caramel menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran keripik potato spicy caramel menggunakan saluran pemasaran secara langsung (personal selling) dari produsen ke konsumen dengan bauran pemasaran 4P serta memanfaatkan media sosial whatsapp dan instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPerlambang CNAWP, RizalNIDN0016067307
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Keripik, Potato
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Chintya Jessica Putri
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:35
Last Modified: 16 Jul 2025 07:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39959

Actions (login required)

View Item View Item