Analisis Modifikasi Diameter Lubang Intake Manifold Terhadap Performa Sepeda Motor 160 Cc Menggunakan Bahan Bakar Pertamax 92

Imam, Ahmad Fikrih Saiful (2025) Analisis Modifikasi Diameter Lubang Intake Manifold Terhadap Performa Sepeda Motor 160 Cc Menggunakan Bahan Bakar Pertamax 92. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (53kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (104kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (101kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi diameter lubang intake manifold terhadap performa sepeda motor 160 cc dengan menggunakan bahan bakar pertamax 92. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan cara melakukan pengujian terhadap intake manifold yang dimodifikasi diameter lubang dengan dilakukan metode porting dibagian yang dilakukan pembesaran dan juga dilakukan polish untuk menghindari turbulensi berlebihan pada intake manifold. Adapun penelitian ini ada beberapa variasi diantaranya standar ukuran 26 mm, 27,50 mm dan 28,50 mm. Dalam penelitian ini berfokus mencari performa berupa torsi dan daya yang stabil dan terus mengalami kenaikan baik diputaran mesin bawah, menengah dan atas. Hasil dari pengujian torsi dan daya terbaik dan terus mengalami peningkatan didapat oleh ukuran diameter lubang intake manifold 27,50 mm. Nilai hasil uji torsi diputaran mesin bawah (4000) menghasilkan sebesar 11,50 Nm, dan hasil torsi diputaran mesin menengah (5000) sebesar 11,65 Nm kemudian pada putaran mesin atas (6000) menghasilkan torsi 11,92 Nm. Sedangkan dari hasil pengujian daya juga mengalami peningkatan dengan hasil nilai daya yaitu 11,4 Hp diputaran mesin bawah (4000), adapun putaran mesin menengah (5000) menghasilkan daya sebesar 11,5 Hp, kemudian diputaran mesin atas (6000) menghasilkan daya sebesar 11,8 Hp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Aditya WahyuNIDN0014067811
Uncontrolled Keywords: modifikasi intake manifold, putaran mesin torsi dan daya
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Fikrih Saiful Imam
Date Deposited: 12 Feb 2025 00:17
Last Modified: 12 Feb 2025 00:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39947

Actions (login required)

View Item View Item