Analisis Usaha Bola Ubi Ungu (BOLUBU) Dengan Isi Varian Rasa di Desa Gudang Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo

Raihan, Edo Dwi (2025) Analisis Usaha Bola Ubi Ungu (BOLUBU) Dengan Isi Varian Rasa di Desa Gudang Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (43kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (16kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bola ubi ungu adalah jajanan yang berasal dari Provinsi Jawa Barat yaitu lebih tepatnya kota Bandung. Bola ubi ungu varian rasa yaitu ubi ungu sebagai bahan utama dalam pembuatan bola ubi ungu serta mengandalkan varian rasa seperti cokelat, matcha, dan tiramisu sebagai bahan isiannya. Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah mampu melakukan proses produksi bola ubi ungu (BOLUBU) dengan isi varian rasa, mampu melakukan analisis usaha bola ubi ungu (BOLUBU) dengan isi varian rasa, mampu menerapkan bauran pemasaran produk bola ubi ungu. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Gudang Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo dengan melaksanakan proses produksi sebanyak 5 kali, pada tanggal 11 Agustus sampai 8 september 2024. Jumlah bahan baku yang digunakan adalah 5 kg menghasikan 23 kemasan dan dijual dengan harga Rp 7.000/kemasan. Hasil analisi usaha untuk satu kali proses produksi menghasilkan laba (keuntungan) sebesar Rp 21.118, BEP (Produksi) sebesar 19,98 kemasan dengan total produksi sebanyak 23 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 6.081,82/kemasan dengan harga jual Rp 7.000/kemasan, R/C Ratio senilai 1,150 dan ROI senilai 3%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk diusahakan dan menguntungkan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung dengan sistem promosi personal selling dan penjualan pre order dengan memanfaatkan media whatsapp dan instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdurahman, AlwanNIDN0001016346
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Bola Ubi Ungu
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Edo Dwi Raihan
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:58
Last Modified: 04 Feb 2025 06:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39673

Actions (login required)

View Item View Item