Sistem Reservasi Material Gangguan Iconnet Dan Optimalisasi Rma (Return Material Authorization) Di Pln Icon Plus Unit Layanan D.I Yogyakarta

Putri, Aliya Nabilla (2025) Sistem Reservasi Material Gangguan Iconnet Dan Optimalisasi Rma (Return Material Authorization) Di Pln Icon Plus Unit Layanan D.I Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (344kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3.Laporan Magang_Aliya Nabilla Putri.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan vokasional, dengan tujuan utama membekali mahasiswa dengan keahlian, keterampilan, dan standar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Salah satu program unggulan untuk mencapai tujuan tersebut adalah kegiatan magang, di mana mahasiswa diberi kesempatan untuk terjun langsung ke dunia kerja dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Selama melaksanakan magang di PT Comnets Plus Indonesia (PLN Icon Plus) Unit Layanan D.I Yogyakarta, penulis ditempatkan di bidang Retail Operation dan terlibat langsung dalam berbagai tugas, seperti membuat reservasi material menggunakan aplikasi SAP, mengisi form RMA (Return Material Authorization), memperbarui dokumentasi FAT, serta melakukan preventive maintenance jaringan FTTH. Melalui berbagai kegiatan tersebut, penulis mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai pengelolaan material, pemeliharaan jaringan, serta proses optimalisasi sistem di perusahaan. Dengan menggunakan SAP dan Google Spreadsheet, proses reservasi material dan RMA di perusahaan dapat berjalan lebih efektif dan terstruktur. Seluruh kegiatan tersebut memberikan kontribusi dalam menjaga kelancaran layanan ICONNET yang berbasis jaringan serat optik, sekaligus memperkaya wawasan penulis dalam mengelola proyek berbasis IT dan jaringan di dunia industri.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSusanto, Bekti MaryuniNIDN0025068404
Uncontrolled Keywords: Iconnet,SAP,RMA
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > PKL
Depositing User: Aliya Nabilla Putri
Date Deposited: 06 Feb 2025 01:38
Last Modified: 06 Feb 2025 01:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39660

Actions (login required)

View Item View Item