Windari, Aysa Risma (2024) Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di RSUD Dr.Moewardi Surakarta. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (188kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (286kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (213kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
RSUD Dr. Moewardi Surakarta adalah rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berstatus BLUD dan berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan. Rumah sakit ini menyediakan berbagai layanan kesehatan dan telah menerapkan rekam medis elektronik, termasuk sistem pendaftaran pasien rawat jalan yang bisa dilakukan secara langsung atau melalui aplikasi online. Untuk mempermudah pendaftaran, rumah sakit juga menyediakan anjungan pendaftaran mandiri yang dapat mengurangi penumpukan pasien di loket pendaftaran. Namun, meskipun sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pasien, terdapat beberapa masalah teknis, seperti error pada cetak Surat Eligibilitas Peserta (SEP), sistem yang lama dalam memuat data, serta kebutuhan pasien akan bantuan petugas. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap kepuasan pengguna sistem anjungan pendaftaran mandiri menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang mengukur kepuasan pengguna berdasarkan dimensi isi, tampilan, keakuratan, ketepatan waktu, dan kemudahan penggunaan sistem. Berdasarkan hasil dan pembahasan evaluasi kepuasan pengguna sistem anjungan pendaftaran mandiri di RSUD Dr. Moewardi menggunakan metode EUCS diketahui bahwa persentase pada variabel content sebesar 81,2%, variabel accuracy sebesar 60,9%, variabel format sebesar 78%, variabel timeliness sebesar 74,5%, dan variabel ease of use sebesar 60,7%, yang berarti pada variabel content termasuk dalam kategori sangat puas, variabel format dan timeliness termasuk dalam kategori puas, dan variabel accuracy dan ease of use termasuk dalam kategori cukup puas.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, EUCS, Kepuasan Pasien, Pendaftaran | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Aysa Risma Windari | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 01:36 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 01:36 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38348 |
Actions (login required)
View Item |