Sudianta, Bella (2024) Analisis Kepuasan Pasien Baru Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan BPJS Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (75kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (419kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (131kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien adalah hasil penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan mereka tentang pelayanan kesehatan yang mereka terima di suatu tatanan kesehatan rumah sakit dengan apa yang sebenarnya mereka terima. Sebagai pasien baru tentunya memiliki harapan yang lebih besar dari pasien lama karena pasien baru belum merasakan bagaimana pelayanan yang akan didapatkan nantinya apalagi pasien tersebut melakukan rujukan di faskes tingkat III. Rujukan tersebut merupakan salah satu program pemerintah yaitu BPJS. Dari data jumlah kunjungan bulan agustus hingga september mengalami penurunan kunjungan pasien baru rawat jalan BPJS. Selain itu pengambilan judul juga berdasarakan observasi dan penilaian (review) melalui gmaps pada bagian ulasan. RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah sudah mencapai tingkat rating 4.00. Sebanyak 18 ulasan yang terdiri dari 16 ulasan dengan rating 1 dan 2 ulasan dengan rating 2 selama bulan September hingga Oktober. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mendeskripsikan tentang tingkat kepuasan pasien baru terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan BPJS dan nilai kesenjangan antara tingkat kepentingan (harapan) dan tingkat kinerja (kepuasan) dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dimana masing-masing dimensi terdapat 2 atribut dengan skala likert nilai 1-4. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisoner dengan 2 bagian kuisoner yang saling berhubungan yaitu kuisoner harapan dan kuisoner kepuasan melalui penyebaran google from dan barcode. Hasil dari penelitian kepuasan pasien baru terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan BPJS di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah yaitu berdasarkan karakteristik sebagai responden meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan. Tingkat kepuasan pasien baru terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan BPJS diperoleh sebesar 92,85% (sangat puas). Nilai kesenjangan (gap) antara harapan dan kenyataan berdasarkan 5 dimensi semua bernilai positif.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, BPJS, Costumer Satisfaction Index (CSI) | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 358 - Ilmu Asuransi Jiwa dan Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Bella Sudianta | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 02:08 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 02:08 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38274 |
Actions (login required)
View Item |