Riskiya, Riskiya (2024) Evaluasi Kepuasan Pengguna SIMRS Pada Petugas Poli Bedah dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Di RSPAD Gatot Soebroto Tahun 2024. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (185kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (425kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (382kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
SIMRS di RSPAD telah mengalami berbagai pengembangan dan pergantian sejak tahun 1990, yang bertujuan untuk mendukung pelayanan kesehatan berbasis teknologi. Namun, seringnya pergantian vendor dan sistem menyebabkan kendala teknis seperti error sistem, gagal loading, serta gangguan integrasi data. Permasalahan ini memengaruhi kualitas pelayanan, efisiensi kerja, dan kepuasan pengguna. Penelitian ini menilai kepuasan berdasarkan lima variabel EUCS: content (isi), accuracy (keakuratan), format (tampilan), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu). Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas sistem dan pelayanan di poli bedah. Merujuk dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa aspek content pada SIMRS telah memenuhi kebutuhan pengguna dengan informasi dan laporan yang cukup lengkap, meskipun masih ada modul yang perlu integrasi lebih baik. Dari aspek accuracy, informasi yang dihasilkan sistem akurat, tetapi error teknis seperti gagal loading sering terjadi, menghambat efisiensi pelayanan. Aspek format menunjukkan bahwa tampilan SIMRS cukup menarik, tetapi ukuran font kecil sehingga mengurangi kenyamanan pengguna. Pada ease of use, SIMRS dianggap user friendly, namun ketiadaan menu bantuan mengharuskan petugas menghubungi tim IT, yang memakan waktu. Terakhir, aspek timeliness terganggu oleh lambatnya jaringan, yang memengaruhi kecepatan sistem dalam menyajikan data. Penelitian ini menekankan pentingnya perbaikan teknis dan integrasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna SIMRS di RSPAD Gatot Soebroto. Merujuk pada hasil kesimpulan penelitian, maka saran dari peneliti adalah diperlukan perbaikan teknis pada stabilitas sistem dan jaringan, integrasi modul yang lebih baik, serta pengadaan menu bantuan untuk mendukung pengguna dalam menyelesaikan kendala dengan cepat. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi kerja, kualitas pelayanan, dan kepuasan pengguna SIMRS di RSPAD Gatot Soebroto.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | EUCS, SIMRS, Poli Bedah | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Riskiya Riskiya | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 05:30 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 05:31 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38170 |
Actions (login required)
View Item |