Evaluasi Hospital Information System (HIS) Ditinjau Dari Kepuasan Petugas Alih Media Berkas Rekam Medis Rawat Inap Pusat Di Instalasi Rekam Medis Dan Admisi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Putri, Imandini Anggimelya (2024) Evaluasi Hospital Information System (HIS) Ditinjau Dari Kepuasan Petugas Alih Media Berkas Rekam Medis Rawat Inap Pusat Di Instalasi Rekam Medis Dan Admisi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (142kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Individu Imandini Anggimelya Putri (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Ringkasan)
HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (298kB)

Abstract

RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo merupakan salah satu rumah sakit yang telah menyelenggarakan rekam medis berbasis elektronik, yang bernama Hosipital Information System (HIS). Dalam menunjang pelaksanaan rekam medis elektronik, dibutuhkan proses integrasi data dari rekam medis manual agar mendukung kesinambungan riwayat kesehatan pasien. Maka dari itu, diperlukan proses alih media guna mendukung hal tersebut. Dalam penggunaan HIS untuk kepentingan alih media terutama untuk berkas rekam medis rawat inap, masih ditemukan kendala baik itu dari dimensi isi sistem maupun keakuratan data yang dihasilkan oleh HIS. Maka dari itu diperlukan adanya evaluasi untuk melihat apakah sistem yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan yang petugas harapkan. Metode evaluasi yang paling tepat digunakan adalah EUCS (End User Computing Satisfaction). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan dari 5 dimensi dalam metode EUCS dapat dijabarkan sebagai berikut. Pada dimensi isi sudah memenuhi kebutuhan petugas sehingga sudah dapat memuaskan petugas. Pada dimensi keakuratan masih terjadi hasil unggah dokumen yang tidak sesuai tanggal rawatan, sehingga perlu dilakukan penambahan warning. Pada dimensi tampilan petugas merasa tata letak dan penamaan folder unggah belum memudahkan petugas dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga diperlukan adanya perbaikan pada tata letak dan penamaan folder unggah. Pada dimensi ketepatan waktu sudah memuaskan petugas. Pada dimensi kemudahan sistem sudah memuaskan petugas.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYunus, MuhammadNIDN0831128607
Uncontrolled Keywords: evaluasi sistem, EUCS, content, accuracy, format, timeliness, ease of use
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Imandini Anggimelya Putri
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:00
Last Modified: 08 Jan 2025 02:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37958

Actions (login required)

View Item View Item