Analisa Pengaruh Variasi Sudut Pulley Primer Dan Konstanta Pegas PUlley Sekunder Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah 150CC

Handari, Moch. Rifa'i Dwi Putra (2024) Analisa Pengaruh Variasi Sudut Pulley Primer Dan Konstanta Pegas PUlley Sekunder Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah 150CC. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (306kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (425kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada perkembangan didunia otomotif terdapat beberapa masalah dan keluhan yang terjadi mengenai sistem CVT, salah satunya yaitu akselerasi kurang maksimal yang disebabkan karena ruang CVT kotor dan juga terdapat keausan pada komponen CVT salah satunya pada bagian pulley primer. Terdapat beberapa solusi mengenai pulley primer yang aus salah satunya yaitu memodifikasi sudut pulley primer tersebut dengan ukuran derajat tertentu agar performa kendaraan dapat kembali seperti semula. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraan bermotor dengan variasi sudut pulley primer, 13,25o, 13,50o dan 13,75o dengan penambahan pegas CVT bernilai konstanta 3.266 N/m, 4.900 N/m. Hasil dari penelitian didapatkan nilai Torsi tertinggi yaitu 13,51 N.m oleh variasi sudut pulley 13,75o dan pegas CVT bernilai konstanta 3.266 N/m, sedangkan dengan variasi pegas CVT yang berbeda bernilai konstanta 4.900 N/m didapatkan hasil torsi sebesar 13,44 N.m. Kemudian pada pengujian daya didapatkan nilai tertinggi sebesar 10,6 HP dengan variasi sudut pulley 13,75o dan pegas CVT bernilai konstanta 3.266 N/m, sedangkan dengan variasi pegas CVT yang berbeda bernilai konstanta 4.900 N/m didapatkan nilai daya sebesar 11 HP. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa performa kendaraan memiliki nilai yang lebih baik dibanding performa kendaraan dengan sudut pulley primer dan pegas CVT standar hal ini disebabkan oleh karakteristik sudut pulley 13,75o lebih cocok pada penggunaan kendaraan yang diuji dibandingkan sudut pulley primer dan pegas CVT standar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiprasojo, S.T., M.T., AzamataufiqNIDN0011088402
Uncontrolled Keywords: CVT, Torsi, Daya, Pulley
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Moch. Rifa'i Dwi Putra Handari
Date Deposited: 31 Oct 2024 10:49
Last Modified: 31 Oct 2024 10:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37360

Actions (login required)

View Item View Item