Ningrum, Aylivia Fudya (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit pada Menu Laporan Menggunakan Model EUCS Di Rsup Prof. dr.I.G.N.N Ngoerah Denpasar. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (10kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (130kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN PKL Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (136kB) |
Abstract
Pencatatan dan pelaporan yang dilakukan oleh rumah sakit dilakukan dalam rangka meningkatkan efektivitas pelayanan. Pelaporan rumah sakit bertujuan untuk menghasilkan laporan secara cepat, tepat dan akurat dengan dengan tampilan sesuai kebutuhan. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Sanglah pada menu Pelaporan memegang peranan penting dalam pengolaan data rumah sakit untuk dijadikan sebuah informasi. Sistem informasi tersebut sudah dapat menyediakan jenis data yang dibutuhkan oleh bagian pelaporan. Namun, masih ada beberapa permasalahan yang terjadi dari saat dilaksanakan PKL dimana SIMARS belum bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan dari petugas pelaporan seperti belum tersedianya beberapa data, loading yang cukup lama dan menu yang kurang jelas dalam peletakannya sehingga berdampak pada hasil pelaporan yang kurang efektif dan efisien. Evaluasi sistem informasi berguna bagi rumah sakit karena dapat menjadi bahan saran dan rekomendasi bagi rumah sakit untuk memperbaiki sistem yang ada di rumah sakit tersebut. Sehingga perlu adanya sebuah evaluasi sistem informasi pelaporan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap menu laporan. Model evaluasi yang akan digunakan yaitu model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang dilihat dari variabel isi (content), ketepatan (accuracy), tampilan (format), kemudahan pengguna (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness). vii Dari hasil pembahasan yang telah disusun peneliti didapatkan hasil yaitu dari variabel isi (content), SIMARS RSUP PROF. dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar sudah memberikan kepuasan namun masih terdapat kekurangan pada data yang belum tersedia. Jika pada ketepatan (accuracy), SIMARS sudah bisa memberikan kepuasan namun pada penarikan data surveilens masih terdapat data yang selisih. Dari variabel tampilan (format), SIMARS belum bisa memberikan kepuasan kepada petugas karena penempatan menu yang kurang sesuai dengan kebutuhan user. Pada variabel kemudahan pengguna (ease of use), SIMARS sudah memberikan keputusan dari pengguna namun masih belum adanya panduan yang jelas mengenai penarikan data laporan dan penggunaan menu laporan. Sedangkan, ketepatan waktu (timeliness). SIMARS sudah cukup baik namun masih sering terdapat kendala yaitu sistem yang sering kali mengalami loading cukup lama
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pengguna,EUCS,SIMRS | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan) 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Aylivia Fudya Ningrum | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2024 09:44 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 09:47 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37349 |
Actions (login required)
View Item |