Analisis Faktor Penyebab Lama Waktu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Layanan RSD dr.Soebandi Jember

Dariyanti, Kristina Eka (2024) Analisis Faktor Penyebab Lama Waktu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Layanan RSD dr.Soebandi Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Waktu pendaftaran pasien rawat jalan di RSD dr. Soebandi Jember sesuai dengan SOP yang berlaku yaitu ≤ 10 menit bagi pasien baru dan ≤ 5 menit bagi pasien lama sejak pasien dipanggil sampai proses pelayanan selesai di loket pendaftaran. Hasil studi pendahuluan melalui observasi selama 5 hari dengan jumlah total 61 pasien ditemukan masih terdapat pasien yang belum memenuhi standar dengan rincian 19 pasien yang sudah sesuai standar dan 42 pasien yang belum memenuhi standar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap berbagai faktor yang menyebabkan lama waktu pendaftaran pasien rawat jalan menggunakan unsur manajemen 5M. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan brainstorming. Subjek penelitian meliputi kepala rekam medis, dan 7 petugas pendaftaran pasien rawat jalan. Hasil penelitian berdasarkan unsur man yaitu kurangnya pengetahuan petugas terkait SOP waktu pendaftaran, masih terdapat petugas yang bukan merupakan lulusan rekam medis dan terdapat petugas yang belum pernah mengikuti pelatihan service quality. Unsur method yaitu SOP waktu pendaftaran tidak ditempel di loket pendaftaran dan belum terdapat kelengkapan isi SOP. Unsur material yaitu masih banyak pasien yang tidak membawa KIB pada saat berobat. Unsur machine yaitu kondisi printer KIB rusak, jaringan internet sering trouble, dan fingerprint sulit terbaca. Pihak rumah sakit disarankan untuk mengadakan sosialisasi terfokus mengenai standar waktu pendaftaran, menjalin kerjasama dengan lembaga pelatihan yang menawarkan program pelatihan service quality, mencetak dan menempelkan SOP di area yang mudah terlihat oleh petugas, melakukan edukasi kepada pasien mengenai pentingnya membawa KIB saat berobat, meningkatkan infrastruktur jaringan, serta melakukan perbaikan atau pengadaan printer dengan spesifikasi yang lebih andal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdianto, Efri TriNIDN0013028103
Uncontrolled Keywords: Lama Waktu, Pendaftaran, Pasien Rawat Jalan, 5M
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Kristina Eka Dariyanti
Date Deposited: 04 Nov 2024 16:12
Last Modified: 04 Nov 2024 16:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37282

Actions (login required)

View Item View Item