Hubungan Pengetahuan Gizi Terkait Minuman Kemasan Berpemanis Dan Kemampuan Membaca Informasi Nilai Gizi Dengan Frekuensi Konsumsi Minuman Kemasan Berpemanis (Studi Di Sma Negeri Arjasa Jember)

Sugihartin, Rifdah Haniifah (2024) Hubungan Pengetahuan Gizi Terkait Minuman Kemasan Berpemanis Dan Kemampuan Membaca Informasi Nilai Gizi Dengan Frekuensi Konsumsi Minuman Kemasan Berpemanis (Studi Di Sma Negeri Arjasa Jember). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (191kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
RIFDAH HANIIFAH SUGIHARTIN_G42201596_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sugar-Sweetened Packaged Beverages yang dikenal juga sebagai minuman kemasan berpemanis merupakan jenis minuman kemasan yang mengandung gula atau pengganti gula seperti aspartame, sukralosa, sakarin dan lain sebagainya. Salah satu kelompok yang banyak mengonsumsi minuman kemasan berpemanis adalah remaja. Pengetahuan gizi terkait minuman kemasan berpemanis dan kemampuan membaca informasi nilai gizi dapat mempengaruhi frekuensi konsumsi minuman kemasan berpemanis pada remaja. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan gizi, dan kemampuan membaca informasi nilai gizi dengan frekuensi konsumsi minuman kemasan berpemanis pada remaja. Jenis penelitian ini bersifat observasional dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 di SMAN Arjasa pada bulan Maret 2024. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis statistik menggunakan SPSS 26 dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 43 subjek (46,2%) memiliki pengetahuan gizi terkait minuman kemasan berpemanis yang baik. Subjek yang memiliki kemampuan membaca informasi nilai gizi dalam kategori baik berjumlah 81 orang atau 87,1%. Subjek dengan frekuensi konsumsi minuman kemasan berpemanis tinggi berjumlah 83 orang atau 89,2%. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi terkait minuman kemasan berpemanis dengan frekuensi konsumsi minuman kemasan berpemanis pada subjek di SMAN Arjasa (p = 0,063), tidak terdapat hubungan antara kemampuan membaca informasi nilai gizi dengan frekuensi konsumsi minuman kemasan berpemanis pada subjek di SMAN Arjasa (p = 0,45).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPurnasari, GalihNIDN0016038905
Uncontrolled Keywords: Nutritional Knowledge, Ability to Read Nutrition Facts, Frequency of Sweetened Packaged Beverage Consumption.
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Rifdah Haniifah Sugihartin
Date Deposited: 30 Aug 2024 10:18
Last Modified: 30 Aug 2024 10:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37069

Actions (login required)

View Item View Item