Perhitungan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Petugas Filing Menggunakan Metode Workload Indicators Of Staffing Need (WISN) Di RSPAL DR Ramelan Surabaya

Wanti, Lairani Shania (2021) Perhitungan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Petugas Filing Menggunakan Metode Workload Indicators Of Staffing Need (WISN) Di RSPAL DR Ramelan Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (312kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan rumah sakit yang efektif dan efisien dalam pengelolaan rekam medik adalah tersedianya SDM yang cukup dengan kualitas yang tinggi, professional sesuai dengan fungsi dan tugas setiap personel. Ketersediaan SDM rumah sakit disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit berdasarkan tipe rumah sakit dan pelyanan yang diberikan kepada masyarakat. Masalah yang sering terjadi dalam organisasi yaitu kurangnya jumlah dan jenis tenaga yang dibutuhkan, kurangnya kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai) serta keterbatasan dana dari Rumah Sakit sehingga tidak dapat menambah dan merawat SDM yang mereka butuhkan (Ilyas, 2004). Kebutuhan Sumber Daya Manusia Petugas Filing Menggunakan Metode Workload Indicators Of Staffing Need (WISN) Di RSPAL Dr Ramelan Surabaya”. Diharapkan dengan adanya perencanaan sumber daya manusia etugas rekam medis tersebut dapat menunjang kegiatan pencatatan, pengumpulan data, pengelolaan data, dan pembuatan laporan serta meningkatkan mutu rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kebutuhan sumber daya manusia di unit filing rekam medis di RSPAL Dr Ramelan Surabaya, dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian deskriptif merupakan metode yang memberikan gambaran secara tepat tentang gejala-gejala dari obyek yang diteliti, sedangkan metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat positifme karena pada data penelitian berupa angka-angka dan analisa data menggunakan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan sumber daya manusia petugas unit filing di RSPAL Dr Ramelan Surabaya sebanyak 4 orang untuk subbagian pengambilan dan pengembalian dan 5 orang untuk subbagian assembling. Sebaiknya ada penambahan tenaga staff Perekam Medis di Unit Filing sesuai dengan perhitungan analisis beban kerja, yaitu satu sebesar dua orang. Sebaiknya dilakukan evaluasi atas ketersediaan sumber daya manusia yang dimiliki dan dilakukan berkala guna mendapatkan jumlah kebutuhan tenaga yang rasional serta memantau kegiatan produktif kerja di unit tersebut.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFarlinda, SustinNIDN0004027201
Uncontrolled Keywords: filing, wisn
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Lairani Shania Wanti
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:53
Last Modified: 26 Aug 2024 01:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36926

Actions (login required)

View Item View Item