Perawatan Sistem Aliran Pendingin Pada Lokomotif CC 201 di PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember

Priananda, Facetoris Yudhistira Afif (2022) Perawatan Sistem Aliran Pendingin Pada Lokomotif CC 201 di PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN MAGANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program di perguruan tinggi dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan praktik secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Kegiatan Praktek Kerja Lapang adalah salah satu kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember pada semester akhir. Kegiatan Praktek Kerja Lapang penulis dilaksanakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember selama 3 bulan, yakni pada bulan September hingga November 2021. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk menambah pengalaman terlebih untuk mengetahui dan mempraktikan secara langsung bagaimana cara perawatan sistem aliran pendingin pada lokomotif. Pada Dipo Lokomotif DAOP 9 Jember terdapat program perawatan harian dan bulanan yang diadakan secara rutin. Sebelum melaksanakan perawatan harian ataupun bulanan, semua petugas melakukan apel pagi yang dipimpin oleh KUPT (Kepala Unit Pelaksana Tugas) Dipo Lokomotif, setelah melaksanakan apel pagi, seluruh karyawan Dipo Lokomotif DAOP 9 Jember melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan pada hari sebelumnya. Kemudian kepala ruas pemeliharaan membagikan Check Sheet kepada masing-masing bagian pengawas divisi. Terdapat perawatan terhadap empat sistem motor diesel yang teridiri dari Sistem Pelumasan, Sistem Aliran Pendingin, Sistem Bahan Bakar, dan Sistem Aliran Udara Bakar. Sistem aliran pendingin pada lokomotif merupakan sistem yang berfungsi menjaga temperature mesin lokomotif dalam kondisi ideal. Perawatan pada sistem pendingin perlu dilakukan salah satunya untuk menghindari kebocoran pada sistem pendingin Perawatan sistem aliran pendingin ini dilakukan pada lokomotif jenis CC 201. Lokomotif CC 201 merupakan salah satu jenis lokomotif diesel elektrik yang diproduksi pada tahun 1976-1992 oleh General Electric (GE) Transportation, Amerika Serikat, yang dioperasionalkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Uncontrolled Keywords: Sistem Aliran Pendingin Pada Lokomotif
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Facetoris Yudhistira Afif Priananda
Date Deposited: 21 Aug 2024 09:36
Last Modified: 21 Aug 2024 09:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36773

Actions (login required)

View Item View Item