Asuhan Gizi Pada Pasien CVA Bleeding ICH DD Intracranial Tumor Bleeding (Post OP) Dengan Diabetes Mellitus dan Hipertensi di Ruang Mawar Kuning Lantai 2 RSUD Sidoarjo

Wulan, Suci Ning (2023) Asuhan Gizi Pada Pasien CVA Bleeding ICH DD Intracranial Tumor Bleeding (Post OP) Dengan Diabetes Mellitus dan Hipertensi di Ruang Mawar Kuning Lantai 2 RSUD Sidoarjo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (295kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (298kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Kasus 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan magang Manajemen Asuhan Gizi Klinik (MAGK) ini dilakukan selama 2 bulan dimulai pada tanggal 3 Oktober – 27 November 2023 pada pasien di RSUD Sidoarjo. Tujuan pelaksanaan magang ini yaitu mampu merencanakan pelayanan gizi pasien, mampu menyusun menu sesuai dengan kondisi penyakit dan dietnya, mampu memantau pelaksanaan pemberian diet, dapat memberikan pendidikan promosi kesehatan/pencegahan penyakit untuk pasien dengan kondisi medis umum. Kasus yang dijadikan kasus paripurna atau besar pertama yaitu pasien dengan penyakit CVA bleeding ICH dd intracranial tumor bleeding (Post Op) dengan Diabetes Mellitus dan Hipertensi. CVA (CerebroVaskuler Accident) atau yang disebut stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Hasil assessment pasien atas nama Ny. A berusia 53 tahun masuk RS pada tanggal 1 Oktober 2023, pasien datang dengan keluhan badan lemas dan susah untuk diajak bicara, agak pelo, mengeluh pusing cekot-cekot. Pasien mempunyai riwayat penyakit dahulu yaitu hipertensi dan diabetes melitus. Saat di rumah sakit pasien didiagnosa oleh dokter penyakit CVA bleeding ICH dd intracranial tumor bleeding (Post Op) + DM + HT. Pada tanggal 17 Oktober 2023 pasien melakukan operasi dibagian syaraf otaknya, setelah dilakukannya operasi tersebut pasien mengeluh pusing dan cekot-cekot dibagian kepalanya. Intervensi gizi yang diberikan yaitu diet DMB 1.700 kkal dengan bentuk makanan biasa, frekuensi pemberian 3 kali makanan utama dan 3 kali makanan selingan serta memberikan edukasi dan konseling. Hasil monitoring dan evaluasi hari ketiga kadar WBC pasien sudah normal dikarenakan pasien sudah melakukan operasi dan infeksi pada jaringan sel syaraf otak sudah berkurang. Kemudian dari hasil laboratorium GDS pasien pada monev pertama sampai hari ketiga kadar GDS pasien masih termasuk diambang batas normal yaitu <200 mg/dl, karena selama dirawat inap pasien selalu dipantau kadar gula darahnya dan diberikan obat lantus solostar dan apidra solostar yang digunakan untuk mengontrol gula darah pasien diabetes. Hasil monev fisik klinis selama 3 hari tidak menunjukkan hasil signifikan yang membaik karena tekanan darah pasien terus naik. Hal tersebut berkaitan dengan pasien ada keluhan nyeri atau cekot-cekot dibagian kepala sehingga aktifitas tidur pasien tidak teratur sehingga menimbulkan peningkatan tekanan darah. Asupan makan pasien pada hari pertama dan kedua intervensi termasuk kategori defisit berat dikarenakan nafsu makan pasien menurun. Pada hari ketiga intervensi asupan makan pasien mengalami kenaikan dikarenakan kondisi pasien membaik dan hamper setiap menu makanan yang telah diporsikan selalu dihabiskan dan hanya sedikit sisa makanan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmareta, Dahlia IndahNIDN0014118401
Uncontrolled Keywords: CVA, Diabetes Mellitus, Hipertensi, Stroke
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Suci Ning Wulan
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:15
Last Modified: 20 Aug 2024 01:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36419

Actions (login required)

View Item View Item