Pembuatan Mesin Klaim Pastel Secara Mekanis Tipe Double Gear

Wibisono, Raditya Malik (2024) Pembuatan Mesin Klaim Pastel Secara Mekanis Tipe Double Gear. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (62kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Pastel adalah makanan ringan berbentuk setengah lingkaran berisi daging dan sayuran. Makanan ini juga banyak digemari masyarakat dan mudah ditemui di pasaran. Jenis pastel tergantung isi dan cita rasa bumbunya masing-masing. Pada zaman modern seperti ini masih kita jumpai pada proses pengeklaiman pastel masih menggunakan cara tradisional atau secara manual yang membuat proses produksinya menjadi lama dan cukup menguras tenaga. Seiring dengan teknologi kini manusia banyak menggunakan alat bantu seperti mesin yang berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gaer. Sistem double gear adalah proses pengeklaiman kulit pastel yang dijepit dengan menggunakan dua buah gear, sehingga membuat kulit pastel yang dijepit menjadi rapat. Mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses pengeklaiman ujung kulit pastel dengan hasil yang mengedepankan efisiensi waktu serta tenaga. Pada penentuan kriteria desain ada beberapa pertimbangan seperti kapasitas mesin, konsistensi mesin, efisiensi energi dan biaya, dan kemudahan penggunaan. Desain fungsional mencangkup beberapa komponen utama, seperti kerangka, gear, mesin dinamo, as gear, dan bearing. Dalam merancang struktur mesin klaim pastel perlu diperhatikan beberapa aspek penting, seperti kapasitas mesin, keamanan, dan kemudahan penggunaan. Proses pembuatan dan perakitan komponen diawali dengan pemilihan bahan baku, komponen mesin dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti stainless steel yang aman untuk kontak langsung dengan makanan. Perakitan mesin klaim pastel dilakukan dengan prosedur yang terstruktur dan teliti agar dipastikan setiap komponen terpasang dengan benar dan berfungsi secara optimal. Setelah proses pembuatan dan perakitan, mesin klaim pastel akan melewati uji fungsional yang komprehensif. Tujuannya untuk memastikan mesin dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan pengeklaiman yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. Hasil dari pembuatan mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear sebagai berikut. Mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear ini menggunakan sumber energi dari mesin dinamo wiper 12 volt dan daya 110 watt, kapasitas kerja mesin klaim pastel yaitu 600 pastel/jam. Kerangka mesin ini menggunakan besi siku dengan ukuran 30x30mm ketebalan 2mm. Rpm penggeraknya yaitu 35 rpm. Sehingga mendapatkan hasil dimensi mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear adalah (360x210x330) mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBahariawan, AmalNIDN001109680
Uncontrolled Keywords: Pastel adalah makanan ringan berbentuk setengah lingkaran berisi daging dan sayuran. Makanan ini juga banyak digemari masyarakat dan mudah ditemui di pasaran. Jenis pastel tergantung isi dan cita rasa bumbunya masing-masing. Pada zaman modern seperti ini masih kita jumpai pada proses pengeklaiman pastel masih menggunakan cara tradisional atau secara manual yang membuat proses produksinya menjadi lama dan cukup menguras tenaga. Seiring dengan teknologi kini manusia banyak menggunakan alat bantu seperti mesin yang berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gaer. Sistem double gear adalah proses pengeklaiman kulit pastel yang dijepit dengan menggunakan dua buah gear, sehingga membuat kulit pastel yang dijepit menjadi rapat. Mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses pengeklaiman ujung kulit pastel dengan hasil yang mengedepankan efisiensi waktu serta tenaga. Pada penentuan kriteria desain ada beberapa pertimbangan seperti kapasitas mesin, konsistensi mesin, efisiensi energi dan biaya, dan kemudahan penggunaan. Desain fungsional mencangkup beberapa komponen utama, seperti kerangka, gear, mesin dinamo, as gear, dan bearing. Dalam merancang struktur mesin klaim pastel perlu diperhatikan beberapa aspek penting, seperti kapasitas mesin, keamanan, dan kemudahan penggunaan. Proses pembuatan dan perakitan komponen diawali dengan pemilihan bahan baku, komponen mesin dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti stainless steel yang aman untuk kontak langsung dengan makanan. Perakitan mesin klaim pastel dilakukan dengan prosedur yang terstruktur dan teliti agar dipastikan setiap komponen terpasang dengan benar dan berfungsi secara optimal. Setelah proses pembuatan dan perakitan, mesin klaim pastel akan melewati uji fungsional yang komprehensif. Tujuannya untuk memastikan mesin dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan pengeklaiman yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. Hasil dari pembuatan mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear sebagai berikut. Mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear ini menggunakan sumber energi dari mesin dinamo wiper 12 volt dan daya 110 watt, kapasitas kerja mesin klaim pastel yaitu 600 pastel/jam. Kerangka mesin ini menggunakan besi siku dengan ukuran 30x30mm ketebalan 2mm. Rpm penggeraknya yaitu 35 rpm. Sehingga mendapatkan hasil dimensi mesin klaim pastel secara mekanis tipe double gear adalah (360x210x330) mm.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 434 - Teknik (Industri) Farmasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Raditya Malik Wibisono
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:53
Last Modified: 08 Aug 2024 02:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36322

Actions (login required)

View Item View Item