Desain Alat Portable Sprayer Berbasis Internet of Things Menggunakan Software Autodesk Inventor

Praditya, Moch Hendy Nova (2024) Desain Alat Portable Sprayer Berbasis Internet of Things Menggunakan Software Autodesk Inventor. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (252kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (214kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman vanili atau dikenal sebagai Vanilla planifolia Andrew adalah tanaman perkebunan yang memanfaatkan bagian buahnya untuk diolah menjadi campuran pewangi makanan atau parfum. Tanaman ini membutuhkan perawatan yang baik, salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas perawatan tanaman vanili adalah dengan menggunakan alat Portable Sprayer System yang dapat mengatur debit air secara otomatis. Alat Portable Sprayer System adalah teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas aplikasi pada pertanian. Rumusan masalah penelitian ini berfokus pada belum adanya alat portable sprayer system berbsis IoT pada tanaman vanili yang di desain dengan menggunakan Sofware Autodesk Inventor Pro. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain dan membuat alat portable sprayer system berbasis internet of things dengan menggunakan Software Autodesk Inventor. Metode penelitian yang digunakan adalah RND (Research and Development) yang dilakukan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan atau teknologi yang sudah ada, atau untuk menciptakan sesuatu yang baru. Alat ini didesain dengan kapasitas maksimal 200 kg dan mudah dipindahkan sehingga memudahkan penggunaan. Uji kelayakan desain dilakukan melalui kuesioner skala likert yang terbukti mempunyai tingkat persetujuan sebesar 87,6%. Hasil simulasi analisis tegangan menunjukkan bahwa desain ini memenuhi standar keamanan dan keandalan yang dipersyaratkan. Selanjutnya dilakukan revisi desain karena belum mencapai target portable, maka dibuatlah desain baru untuk mengefektifkan rangka reservoir agar mudah dipindahkan. Penerapan rangka menggunakan besi plat dan besi siku berhasil, dan menunjukkan keawetan sesuai standar. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan efisiensi proses pengairan tanaman vanili.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRofi’i, AhmadNIDN0019088304
Uncontrolled Keywords: Desain, Portable Sprayer, Tanaman Vanili
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 455 - Teknik Kendali (atau Instrumentasi dan Kontrol)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 464 - Teknik Mekatronika
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika > Tugas Akhir
Depositing User: Moch Hendy Noval Praditya
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:19
Last Modified: 08 Aug 2024 07:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36291

Actions (login required)

View Item View Item