Pengaruh Pemberian Seduhan Tepung Kulit Mangga Arumanis Kombinasi Sari Lemon Terhadap Kadar Asam Urat Tikus Hiperurisemia

Sari, Devi Meidiana (2024) Pengaruh Pemberian Seduhan Tepung Kulit Mangga Arumanis Kombinasi Sari Lemon Terhadap Kadar Asam Urat Tikus Hiperurisemia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi hiperurisemia di Indonesia semakin meningkat. Pentingnya penanganan hiperurisemia untuk mencegah terjadinya komplikasi jangka panjang. karena dapat menyebabkan penyakit seperti asam urat, batu ginjal, bahkan penyakit kardiovaskular. Salah satu pencegahan terbentuknya asam urat berlebih pada tubuh yaitu mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung flavonoid, seperti seduhan tepung kulit mangga arumanis kombinasi sari lemon. Penelitian ini menggunakan True Experimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design, dengan menggunakan 24 ekor tikus dan 8 ekor tikus cadangan, jenis kelamin jantan dan berusia 2-3 bulan dengan berat 100-300 gram yang dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok (K-) diberi pakan Standart Rat Bio, kelompok (K+) diinduksi dengan pakan tinggi purin berupa jus hati ayam sebanyak serta injeksi potassium oksonat sebanyak 1 mL dihari terakhir masa induksi. Kelompok perlakuan P1 diintervensi dengan pemberian obat allopurinol dengan metode sonde, sedangkan kelompok perlakuan P2 diintervensi dengan pemberian seduhan tepung kulit mangga arumanis kombinasi sari lemon sebanyak dengan metode sonde yang diberikan selama 7 hari. Data kadar asam urat dianalisis menggunakan uji One Way Anova, Kruskal Wallis, Wilcoxon, dan Paired T-Test. Hasil uji kadar asam urat anatara Pretest dan Posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok (K+) dengan kelompok perlakuan P1 dan kelompok perlakuan P2 dan tidak dapat perbedaan yang signifikan pada kelompok (K-). Hasil uji selisih perbedaan kadar asam urat Pritest dan Posttest nilai signifikansi P=0,815 (p>0,05). Pemberian seduhan tepung kulit mangga arumanis kombinasi sari lemon dengan obat allopurinol tidak berpengaruh terhadap penurunan kadar asam urat tikus putih Hiperurisemia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRatri, Putri RahayuNIDN0024108502
Uncontrolled Keywords: Hiperurisemia, Asam Urat, kulit mangga arumanis, lemon
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Devi Meidiana Sari
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:09
Last Modified: 07 Aug 2024 07:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36290

Actions (login required)

View Item View Item