Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Instalasi Rekam Medik RSD dr. Soebandi Jember

Bimantara, Ficky Aji (2024) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Instalasi Rekam Medik RSD dr. Soebandi Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan/abstarct)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

RSD dr. Soebandi Jember telah mengimplementasikan SIMRS sejak tahun 2013. SIMRS yang digunakan sistem informasi berbasis website. Pengimplementasian pada SIMRS masih ditemukan berbagai kendala dan permasalahan antara lain terdapat beberapa bagian laporan yang belum terupdate sesuai dengan format yang ditentukan kemudian data pasien yang sama terkadang muncul apabila petugas mengkroscek pada menu laporan, pada SIMRS ada beberapa item atau menu yang tidak digunakan, terutama pada menu report/pelaporan banyak item pilihan menu yang belum sesuai dengan format, laporan pada SIMRS masih belum dapat dijadikan sebagai pengambilan keputusan yang sifatnya cepat, menu pada SIMRS belum dilengkapi dengan menu bantuan atau help menu bagi pengguna. Hal ini menjadi suatu kekurangan terhadap sistem tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja SIMRS berdasarkan variabel content, accuracy, format, ease of use, timeliness. Penelitian ini merupakan analitik kuantitaif, terdapat 29 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis pengaruh dengan uji regresi linear sederhana menggunakan program SPSS 22.0 Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi pada variabel content, accuracy, format, ease of use, timeliness dengan nilai sig. < 0,05 dan bernilai positif, sehingga terdapat pengaruh signifikan pada variabel content, accuracy, format, ease of use, timelines terhadap kepuasan pengguna. Hal ini menyatakan bahwa SIMRS sudah berjalan dengan baik dan perlu dipertahankan, namun masih terdapat beberapa kekurangan sehingga disarankan perlu adanya penyempurnaan sistem melalui pengembangan SIMRS serta perlu menambahakan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pengguna, serta menu tersebut dapat terupdate secara otomatis, menambahkan validasi data pada sistem, dan menambahkan menu bantuan (help menu) yang didalamnya terdapat petunjuk penggunaan bagi pengguna baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDeharja, AtmaNIDN0017118402
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, EUCS, Rumah Sakit, SIMRS
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Ficky Aji Bimantara
Date Deposited: 05 Aug 2024 09:11
Last Modified: 05 Aug 2024 09:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36105

Actions (login required)

View Item View Item