Manajemen Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proses Canning Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925 CV. Buana Citra Sentosa D.I Yogyakarta

Maharani, Selfia Alyaa (2023) Manajemen Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proses Canning Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925 CV. Buana Citra Sentosa D.I Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Hasil Kegiatan Magang Manajemen Agroindustri ini dilakukan pada tanggal 20 Februari 2023 – 20 Juli 2023 Pada CV.Buana Citra Sentosa. Tujuan program magang ini adalah syarat wajib kelulusan yang diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember dengan akumulasi waktu selama kurang lebih 900 jam (20 sks). Dengan adanya program magang ini mahasiswa Politeknik Negeri Jember diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat di perkuliahan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan di lokasi magang. CV. Buana Citra Sentosa merupakan salah satu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang bergerak pada bidang pengalengan makanan tradisional yaitu Gudeg Kaleng. Proses pengalengan tersebut merupakan cara pengawetan bahan pangan dalam wadah yang tertutup rapat dan disterilkan dengan panas. Cara pengawetan tersebut merupakan langkah yang dilakukan agar gudeg memiliki masa simpan yang lebih panjang dan bisa mempertahankan nilai gizi, cita rasa dan daya tariknya. Berdasarkan hasil dari pembahasan laporan magang ini faktor dari permasalahan tentang yang mempengaruhi Keselamatan dan Kesehatan Kerja selama proses produksi gudeg kaleng bu Tjitro adalah kurangnya jumlah Alat Pelindung Diri (APD), kurangnya Tanda atau simbol bahaya di rumah produksi, tidak adanya SOP khusus K3 dan rendahnya pengawasan saat produksi. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah menambah jumlah APD, menambah tanda atau simbol bahaya dan meningkatkan kewaspadaan karyawan selama proses produksi serta menyusun SOP khsusus agar memiliki prosedur pencatatan kecelakaan kerja dan tindakan yang dilakukan setelah mengalami kecelakaan kerja.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Fredy Eka ArdhiNIP199101032019031010
Uncontrolled Keywords: Caning, Business, K3, Management, UMKM
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Selfia Alyaa Maharani
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:08
Last Modified: 05 Aug 2024 02:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36061

Actions (login required)

View Item View Item