Pengaruh Pemberian Jus Buah Naga Merah Dan Pisang Ambon Terhadap Kadar Kolesterol Total Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus) Galur Wistar Dislipidemia

Yunitasari, Nabila Dewi (2024) Pengaruh Pemberian Jus Buah Naga Merah Dan Pisang Ambon Terhadap Kadar Kolesterol Total Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus) Galur Wistar Dislipidemia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dislipidemia merupakan ketidaknormalan metabolisme lipid yang ditandai dengan adanya peningkatan ataupun penurunan fraksi lipid di dalam plasma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus buah naga merah dan pisang ambon terhadap kadar kolesterol total pada tikus putih jantan galur Wistar (rattus norvegicus) dislipidemia. Jenis penelitian ini True Experimental dengan desain Pretest-Posttest with Control Group. Penelitian ini menggunakan 23 ekor tikus wistar jantan, dibagi dalam 3 kelompok perlakuan yaitu K(-), K(+), dan P. kelompok (K-) diberi pakan Comfeed AD II, kelompok (K+) diinduksi pakan tinggi lemak sebanyak 15g ditambah PTU sebanyak 1,08ml/ekor/hari selama 28 hari dan kelompok (P) diinduksi pakan tinggi lemak sebanyak 15g ditambah PTU sebanyak 1,08ml/ekor/hari serta jus buah naga merah dan pisang ambon 13,2ml/ekor/hari selama 14 hari. Data dianalisis dengan uji Kruskal Wallis uji Mann Whitney, serta uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan kadar kolesterol total pretest dan post-test pada kelompok (K-) dan kelompok (P) terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05), sedangkan pada kelompok (K+) tidak terdapat perbedaan (p>0,05). Hasil uji selisih perbedaan kadar kolesterol total pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikansi (p>0,05) artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar kelompok. Pemberian jus buah naga merah dan pisang ambon tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol total tikus putih dislipidemia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryana, Arinda LironikaNIDN0017088501
Uncontrolled Keywords: Dislipidemia, Jus Buah Naga Merah dan Pisang Ambon, Kolesterol Total
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Nabila Dewi Yunitasari
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:37
Last Modified: 02 Aug 2024 06:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35928

Actions (login required)

View Item View Item