Keragaan Karakter Agronomi Genotipe Kedelai Fase Vegetatif pada Dataran Tinggi di Balai Pengujian Standar Instrumen (Bsip) Tanaman Aneka Kacang

Gunawan, Riski Ragil (2024) Keragaan Karakter Agronomi Genotipe Kedelai Fase Vegetatif pada Dataran Tinggi di Balai Pengujian Standar Instrumen (Bsip) Tanaman Aneka Kacang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/mahasiswi Politeknik Negeri Jember. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya. Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Aneka Kacang (BSIPTAKA) dipilih sebagai tempat PKL dikarenakan terdapat kesesuaian antara instansi dengan bidang yang ditekuni mahasiswa khususnya pada tanaman aneka kacang. Tujuan Praktik Kerja Lapang (PKL) yaitu untuk meningkatkan menambah wawasan terhadap aspek-aspek di lokasi magang kerja industri diluar mata kuliah yang diajarkan oleh program studi, mengembangkan ilmu pengetahuan dan melatih keterampilan yang didapat selama perkuliahan melatih sikap mental sebelum terjun ke dunia kerja. Kegiatan Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di BSIP Tanaman Aneka Kacang yang beralamat di Jl. Raya Kendalpayak No. 66, Segaran, Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur dimulai pada tanggal 01 Maret 2024 s/d 30 Juni 2024. Metode yang digunakan meliputi praktik lapang, demonstrasi, studi literatur, dokumentasi dan penulisan laporan harian. Perkembangan produksi kedelai masih lambat sehingga salah satu teknologi guna mendongkrak produktivitas kedelai yaitu penggunaan varietas unggul. Tanaman kedelai banyak dibudidayakan di lingkungan tropis dan subtropis, dapat tumbuh hingga ketinggian tempat 1000 mdpl. Salah satu faktor lingkungan yang dapat memicu adanya kondisi lingkungan yang berbeda yaitu perbedaan ketinggian tempat tumbuh. Berdasarkan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan salah satunya ketinggian lokasi tanam. Dimana dilihat dari hasil data vegetatif beberapa karakter, tanaman kedelai kurang sesuai ditanam pada daerah dataran tinggi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAlif, TrisnaniNIDN0716109301
Uncontrolled Keywords: BSIP Tanaman Aneka Kacang, Kedelai, Dataran Tinggi
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 113 - Biologi
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Riski Ragil Gunawan
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:21
Last Modified: 29 Jul 2024 06:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35447

Actions (login required)

View Item View Item