MANAJEMEN PEMBELIAN BAHAN BAKU DAN PENYIMPANAN PAKAN DI PT HAIDA AGRICULTURE INDONESIA DAN MANAJEMEN KOLAM INTENSIVE PEMELIHARAAN UDANG VANNAMEI DI PT DARWIN SAMUDRA NUSANTARA SUMENEP

Maghfiratu, Ana Akmalia (2024) MANAJEMEN PEMBELIAN BAHAN BAKU DAN PENYIMPANAN PAKAN DI PT HAIDA AGRICULTURE INDONESIA DAN MANAJEMEN KOLAM INTENSIVE PEMELIHARAAN UDANG VANNAMEI DI PT DARWIN SAMUDRA NUSANTARA SUMENEP. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. RINGKASAN ANA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. BAB 1 ANA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (24kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA ANA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Management Pembelian Bahan Baku dan Penyimpanan pakan di PT Haida Agruculture Indonesia, Ana Maghfiratu Akmalia, C41201974. Tahun 2024, 59, D-IV Manajemen Bisnis Unggas, Jurusan Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Dr. Ir. Dadik Pantaya, M.Si., IPU. Magang merupakan kegiatan akademik yang melibatkan mahasiswa dan merupakan salah satu dari program yang tercantum dalam kurikulum Politeknik Negeri Jember. Tujuan magang ini yaitu untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa serta dapat menerapkan teori yang diperoleh diperkuliahan secara langsung di lapang. Selain itu, juga dapat membantu mahasiswa untuk bisa berpikir secara kritis terkait permasalahan yang terdapat di lapang, menambah rasa percaya diri, dan mampu mengembangkan ilmu dengan bidang usaha yang di lakukan di tempat magang. Kegiatan Magang dilakasanakan pada tiga tempat yakni: PT. Haida Agriculture Indonesia Jl. Kraton Industri Raya No.4, Sawah, Pejangkungan, Kec. Kraton, Pasuruan, Jawa Timur 67151. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 September sampai 5 Oktober 2023. Mempelajari mengenai dunia kerja serta meningkatkan wawasan pengetahuan dalam bidang industri pakan ternak dan mengetahui Budidaya PT. Haida Agriculture Indonesia pada bidang pakan. PT Haida Agriculture Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang memfokuskan diri Sebagai produsen serta distributor pakan ternak Aquastic dan Poultry asal China, anak perusahaan dari Guangdong Haida Group Co.,ltd. Pakan udang merupakan jenis produksi pakan PT. Haida dengan kapasitas produksi pertahun sebyanyak >54.000 ton. Dalam kegiatan produksi pembuatan pakan, PT.Haida melakukan pengendalian kualitas yang bertujuan untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan agar dapat terus mempertahankan permintaan terhadap produk agar dapat didistribusikan dan sampai pada konsumen dengan produk baik. Sehingga proses pembelian, penyimpanan bahan untuk diproduksi harus dilakuakn dengan baik sesuai peratuan SOP pada pabrik. Dalam mengoperasikan penyimpanan pada sistem pergudangan, beberapa prinsip berikut ini perlu dijadikan pegangan demi tercapainya sistem pergudangan yang efisien. Prinsip-prinsip itu yakni menjaga dan menjalankan prinsip first in first out (FIFO), tumpukan barang disususn dengan aman, membuat layout (plan layout) barang. Hal ini bertujuan untuk menjadikan pakan sampai pada konsumen dengan keadaan baik, dan komsumen terus menjalin bisnis dengan PT Haida. Mempelajari proses pembuatan pakan dapat menjadi sangat bermanfaat untuk diterapkan pada bagain peternakan di penyimpanan pakan, pemilihan bahan yang baik untuk dilakukan proses selanjutnya dan menjadi pengalaman untuk jenjang pekerjaan serta pembekalan di masa mendatang.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDPrayitno., Agus Hadi0017088706
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 218 - Produksi dan Teknologi Pakan Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > PKL
Depositing User: Ana Maghfiratu Akmalia
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:18
Last Modified: 31 Jul 2024 07:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35418

Actions (login required)

View Item View Item