Aplikasi Poc Nabati Pada Pertanaman Kedelai Dengan Penerapan Sistem Leisa (Low External Input Sustainable Agriculture)

Baihaqi, Maulana Irfani Al (2021) Aplikasi Poc Nabati Pada Pertanaman Kedelai Dengan Penerapan Sistem Leisa (Low External Input Sustainable Agriculture). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTRA PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (MAULANA IRFANI AL BAIHAQI_A42172135_LAPORAN PKL)
MAULANA IRFANI AL BAIHAQI_A42172135_LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Banyak rangkaian kegiatan yang dapat dilakukan di tempat PKL meliputi dalam proses budidaya komoditas jagung, padi, dan kedelai untuk bagian di lahan. Sedangkan pada bagian laboratorium mahasiswa berada pada bidang proteksi tanaman. Pada bidang proteksi tanaman, mahasiswa dikenalkan dengan asap cair, pestisida nabati, dan pestisida hayati beserta pembuatannya. Penulis memilih topik inovasi dalam budidaya kedelai dengan aplikasi POC Nabati yang terbuat dari daun paitan dan dengan penerapan sistem LEISA. Pupuk organik dapat berasal dari tanaman gulma tahunan seperti tanaman paitan Tithonia diversilofia. Tanaman gulma tahunan bernama tanaman paitan sangat berpotensi untuk sumber menyuplai tanah sebagai bahan organik dikarenakan produksi biomassa dari tanman paitan sekitar 5,6-8,1 ton/ha/tahun. Dalam penerapan system LEISA yang dibantu oleh pengaplikasian POC Nabati yang terbuat dari memanfaatkan bahan-bahan organik yang tersedia seperti tanaman paitan, pisang tua, bekatul, tetes tebut, dan air kelapa. Tanaman paitan merupakan tanaman gulma tahunan yang mengandung unsur N yang cukup tinggi. Maka penggunaan daun paitan sebagai bahan pembuatan POC Nabati cukup bagus. Pada budidaya kedelai dengan aplikasi POC Nabati dan penerapan sistem LEISA telah di analisis kelayakan usaha tani. Bahwa usaha tersebut dinyatakan layak karena diperoleh nilai B/C ratio 1,44 yang artinya angka lebih dari 1 usaha yang masih mendapatkan keuntungan. Meski keuntungan dari usaha tersebut yang didapatkan cukup sedikit namun aplikasi POC Nabati dan penerapan sistem LEISA bisa mewujudkan pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kesimpulan akhir menunjukkan bahwa mahasiswa mampu dan terampil dalam pembuatan, pengaplikasian, penerapan, dana memanajemen dari aplikasi POC Nabati dan sistem LEISA dalam suatu budidaya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHerlinawati, HerlinawatiNIDN0025015704
Uncontrolled Keywords: Poc Nabati Pada Pertanaman Kedelai Dengan Penerapan Sistem Leisa (Low External Input Sustainable Agriculture)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Maulana Irfani Al Baihaqi
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:23
Last Modified: 26 Jul 2024 03:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35183

Actions (login required)

View Item View Item