Penerapan Algoritma Eclat Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen dan Meningkatkan Strategi Penjualan Pada Bisnis Apotek Menggunakan Data Mining Asosiasi

Hariyanto, Adi (2024) Penerapan Algoritma Eclat Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen dan Meningkatkan Strategi Penjualan Pada Bisnis Apotek Menggunakan Data Mining Asosiasi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan / Abstract)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (224kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (403kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (332kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Metode asosiasi merupakan metode untuk melihat pola yang sering muncul Dengan ketentuan nilai minimum dukungan dan nilai minimum kepercayaan, metode asosiasi digunakan untuk mengidentifikasi pola yang sering terjadi dalam data transaksi. Suatu algoritma yang dapat membantu proses pencarian dengan cepat diperlukan untuk memudahkan pencarian pola yang sering terjadi di dalam data yang besar. Salah satu algoritma pencarian, ECLAT, memiliki kemampuan untuk menambang itemset yang sering muncul dalam data transaksi dan menuliskannya dalam format vertikal. Dengan demikian, algoritma ECLAT dan metode asosiasi saling berhubungan dalam pencarian pola data transaksi. Metode asosiasi memeriksa pencarian pola algoritma ECLAT dengan menggunakan ketentuan nilai minimum dukungan dan minimum kepercayaan untuk menentukan korelasi dan tingkat kepercayaan hubungan antar item pada pola data transaksi. Dengan menggunakan data mining yang terhubung dengan algoritma ECLAT, penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi penting dari data transaksi penjualan di apotek. Dengan mempelajari pola pembelian pelanggan, penelitian ini diharapkan dapat membantu pemilik apotek mengidentifikasi obat apa yang paling sering dibeli pelanggan dan membantu mereka membuat strategi penjualan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPerdanasari, LukieNIDND193310052021032
Uncontrolled Keywords: algoritma,eclat,asosiasirules,liftratio,support,confidance,apotek
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Adi Hariyanto
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:04
Last Modified: 26 Jul 2024 08:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35125

Actions (login required)

View Item View Item