PROSES PANEN DAN GRADING JAGUNG (Zea Mays L.) PADA PRODUKSI BENIH VARIETAS MW DI PT. SYNGENTA SEED INDONESIA KABUPATEN LUMAJANG

Febriana, Annisa Nur (2024) PROSES PANEN DAN GRADING JAGUNG (Zea Mays L.) PADA PRODUKSI BENIH VARIETAS MW DI PT. SYNGENTA SEED INDONESIA KABUPATEN LUMAJANG. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (373kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (381kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (437kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang adalah suatu bentuk pendidikan yang melibatkan kegiatan belajar di dunia kerja pada suatu perusahaan, dan dapat diartikan sebagai gabungan pendidikan antara teori dan praktik. Pada kegiatan ini mahasiswa dapat mengembangkan berbagai keterampilan khususnya ketrampilan yang berkaitan dengan dunia industry dan usaha. Kegiatan Praktik Kerja Lapang dilakukan di PT.Syngentas Seed Indonesia pada bulan 1 Maret 2024 sampai 28 Juni 2024 pada Flied Production Lumajang dan Plant PT. Syngenta Seed Indonesia Pasuruan. Tanaman jagung adalah salah satu bahan pangan pokok berpontensi dan menjadi komoditas yang banyak diminati oleh konsumen baik secara kuantitas dan kualitas, menurut bulog tahun 2020 Indonesia membutuhkan tambahan 200.000ton jagung impor (Bulog, 2019). Pernyataan tersebut menunjukan bahwa produksi tanaman jagung dalam negeri masih belum mencukupi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu upaya dalam meningkatkan kebutuhan tersebut salah satunya adalah mengembangan atau menciptakan benih-benih bermutu tinggi. Salah satu faktor penentu mutu benih adalah penanganan proses panen yang baik dan benar, karena jika benih yang diproduksi dilapang saat panen tidak sesuai dengan yang diharapkan atau bermutu rendah hal tersebut akan berpengaruh pada proses pasca panennya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yaitu mengetahui dan meningkatkan ketrampilan terkait prosedur panen dan grading yang meliputi waktu pengajuan panen, proses panen dan grading jagung benih untuk mengestimasi waktu panen dan mendata pengiriman panen ke plant Pasuruan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJumiatun, JumiatunNIDN0010089002
Uncontrolled Keywords: Jagung hibrida, Grading, Panen
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Annisa Nur Febriana
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:45
Last Modified: 24 Jul 2024 00:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34932

Actions (login required)

View Item View Item