Pemeriksaan Pertanaman Sertifikasi Benih Padi (Oryza sativa L.) Varietas Inpari 32 Di PT Surya Kencana Agrifarm Sejahtera Jember

Farhaniyah, Rani (2024) Pemeriksaan Pertanaman Sertifikasi Benih Padi (Oryza sativa L.) Varietas Inpari 32 Di PT Surya Kencana Agrifarm Sejahtera Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Padi (Oryza sativa L) merupakan bahan pangan utama yang memiliki sumber karbohidrat tinggi dan hampir seluruh penduduk Indonesia memenuhi kebutuhan pangannya dari tanaman padi sehingga menjadikan tanaman padi sebagai tanaman yang mempunyai nilai budaya dan ekonomi yang penting. Sertifikasi benih adalah rangkaian kegiatan pemberian legalitas berupa sertifikat benih yang diproduksi dan dimulai dari pengajuan permohonan sertifikasi, pemeriksaan lapang, pemeriksaan alat panen, pemeriksaan alat pengolahan, pemeriksaan tempat penyimpanan, pengambilan contoh benih (PCB) hingga pemberian label sertifikat benih. Tahapan sertifikasi benih herus memenuhi kriteria standar mutu benih di lapang dan pengujian laboratorium. Pemeriksaan lapang meliputi kegiatan evaluasi kondisi pertanaman dan kesesuaian sifat morfologis tanaman terhadap deskripsi varietas pada suatu unit penangkaran dengan cara memeriksa sebagian dari populasi tanaman. Sedangkan pengujian laboratorium dilakukan jika suatu kelompok benih telah lulus pemeriksaan lapang. Hasil kegiatan magang yang dilakukan yaitu kegiatan pemeriksaan pertanaman sertifikasi benih. Pemeriksaan pertanaman terdiri dari pemeriksaan pendahuluan, pemeriksaan fase vegetatif, pemeriksaan fase generatif, pemeriksaan fase masak, dan pemeriksaan panen.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantika, PutriNIDN0003099106
Uncontrolled Keywords: Padi, Sertifikasi benih, Pemeriksaan pertanaman
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Rani Farhaniyah
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:15
Last Modified: 22 Jul 2024 05:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34692

Actions (login required)

View Item View Item