Manajemen Pengolahan Berasan Kopi Robusta Di PERUMDA (Perusahaan Umum Daerah) Kahyangan Kabupaten Jember

Jumat, Jumat (2024) Manajemen Pengolahan Berasan Kopi Robusta Di PERUMDA (Perusahaan Umum Daerah) Kahyangan Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Full Text)
D31210912_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)

Abstract

Kegiatan magang adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa semester akhir Politeknik Negeri Jember selama ± 768 jam (sekitar 4 bulan) sebagai praktik ilmu yang dipelajari. Magang ini merupakan bagian dari kurikulum Diploma III Manajemen Agribisnis dan syarat untuk meraih gelar Ahli Madya Pertanian (A.Md.P). Tujuannya adalah menambah wawasan dan pengalaman kerja dengan terjun langsung ke lapangan. Magang dilaksanakan di Perumda Perkebunan Kahyangan berlokasi di Gunung Pasang Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember, yang mengelola kegiatan dari hulu hingga hilir, mulai dari penanaman hingga pemasaran. Proses produksi meliputi penanaman, budidaya, panen, penyortiran, pengeringan, pengolahan, dan pengemasan dengan memperhatikan sistem keamanan pangan untuk menjamin kualitas produk. Perusahaan Umum daerah (Perumda) Kahyangan Jember ini tidak hanya bertujuan sebagai lembaga penghasil (Bisnis Corporate), tetapi juga bertujuan untuk memberikan manfaat umum kepada masyarakat seperti, penyediaan lapangan kerja, penyedia barang dan jasa, karakteristik dan potensi daerah berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), memupuk laba/keuntungan dan memberikan bimbingan kepada usaha ekonomi masyarakat daerah. Perumda Kahyangan memiliki luas areal HGU 3.800,6039 Ha yang terbagi menjadi 3 kebun induk dan 2 kebun bagian dengan komoditi utamanya yaitu, karet dan kopi. Perusahaan ini juga mengusahakan tanaman cengkeh sebagai komoditi penunjang. Cakupan kebun Perumda Kahyangan Jember diantaranya Kebun Sumberwadung dan kebun Kalimrawan terletak di Kecamatan Silo, Kebun Gunung Pasang terletak di Kecamatan Panti, Kebun Sumbertenggulun terletak di Kecamatan Tanggul serta Kebun Sumberpandan terletak di Kecamatan Sumberbaru.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengolahan Berasan Kopi Robusta Di PERUMDA (Perusahaan Umum Daerah) Kahyangan Kabupaten Jember
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Jumat Jumat
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:15
Last Modified: 18 Jul 2024 03:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item