Pemasaran Selada Keriting (Lactuta sativa L.)Hidroponik Di Jinawifarm Hidroponik Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah

Zahra, Nona Mutiara (2024) Pemasaran Selada Keriting (Lactuta sativa L.)Hidroponik Di Jinawifarm Hidroponik Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Laporan Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan Nona MZ.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka_magang .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Magang Nona MZ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran Produk Hidroponik di Jinawifarm Hidroponik Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, Nona Mutiara Zahra, NIM A31210957, Tahun 2024, 33 halaman, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Rindha Rentina Darah Pertami, S. P. M.Si. (Dosen Pembimbing). Politeknik Negeri Jember dituntut merealisasikan program pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pembangunan. Salah satu kegiatan yang dimaksud tersebut adalah kegiatan magang yang dilakukan selama empat bulan dan diprogramkan secara khusus untuk mahasiswa semester 6(enam). Magang dilakukan selama 4 bulan terhitung mulai dari 1 Februari 2024 sampai dengan 31 Mei 2024. Setelah melakukan survei secara online terhadap beberapa referensi tempat magang di bidang hortikultura sesuai dengan mata kuliah di program studi produksi tanaman hortikultura. Maka kami memilih usaha milik pribadi yang bernama Jinawifarm Hidroponik di Karanganyar Jawa Tengah sebagai tempat yang sesuai untuk melakukan kegiatan magang. Jinawifarm hidroponik juga menerapkan teknologi modern dalam kegiatan pertaniannya yang telah dirintis sejak lima tahun silam tepatnya sejak 2018 yang lalu oleh Bapak Muhammad Rizqi Adi Putranto. Banyak komoditas sayuran daun yang dibudidayakan diantaranya beberapa macam selada, sawi-sawian, kangkung, dan lainnya. Selain budidaya sayuran, beliau juga menjual peralatan lengkap hidroponik dan menjual hasil produk olahan berbahan dasar sayuran daun yang dibudidayakan. Hasil dari kegiatan magang yang telah dilakukan diantaranya dengan sistem rotasi yang sesuai mulai dari persiapan instalasi, persemaian, penanaman, perawatan, panen hingga kegiatan pascapanen. Terdapat rotasi tanam pada budidaya selada keriting (Lactuca sativa L.) di Jinawifarm yang bertujuan agar dapat dilakukan pemanenan terus menerus sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen dan juga tanaman selada memiliki jarak tanam yang baik sehingga memiliki kualitas yang baik. Selain itu mengetahui strategi pemasaran produk sayuran hidroponik secara umum supaya perputaran kegiatan jual beli terus berjalan tanpa adanya kendala dalam memasarkan produk yang sewaktu-waktu lebih maupun kurang di setiap musimnya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPertami, Rindha Rentina Darah0001058707
Uncontrolled Keywords: Selada Keriting, Hidroponik, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Nona Mutiara Zahra
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:49
Last Modified: 17 Jul 2024 03:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34264

Actions (login required)

View Item View Item