Mekanisme Penanganan Aspirasi Dan Pengaduan Pada Pembudidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Yang Tergabung Pada Pola Kemitraan PT Timur Mandiri Akuakultur Di Kabupaten Jember

Saputra, Ginanjar Adi (2020) Mekanisme Penanganan Aspirasi Dan Pengaduan Pada Pembudidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Yang Tergabung Pada Pola Kemitraan PT Timur Mandiri Akuakultur Di Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang Ginanjar Adi Saputra fixD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)

Abstract

PT. Timur Mandiri Akuakultur (TMA) merupakan Perseroan Terbatas yang segala kegiatan usahanya bergerak dibidang Pakan ikan, Pembenihan Ikan Air Tawar, Pendederan Ikan Air Tawar, Pembesaran Ikan Air Tawar, Pembelian Ikan dari Mitra Budidaya, Pendampingan Teknologi Budidaya, Pengolahan Makan Turunan Ikan, Importir Mesin Makanan dan Perikanan di Desa Keting, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember. Jenis kemitraan usaha pada PT. Timur Mandiri Akuakultur (TMA) terdiri dari program Satu Kelaurga Satu Kolam, Program Pakan dan Program Pemerintah. Kurangya pengetahuan, wawasan dan keterampilan Pembudidaya mitra dalam manajemen usaha Ikan Nila menimbulkan beberapa permasalahan yang berdampak pada perkembangan usaha Budidaya Ikannya. Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam program Praktik Pemberdayaan dan Pembelajaran Masyarakat (PPPM) di PT. Timur Mandiri Akuakultur (TMA) adalah: 1) Menjelaskan fungsi dan manfaat adanya Mekanisme Penanganan Aspirasi dan Pengaduan pada Pembudidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) yang tergabung pada Pola kemitraan PT Timoer Mandiri AKUAKULTUR DI KABUPATEN JEMBER. 2. Pemecahan masalah dibidang Mekanisme Penanganan Aspirasi dan Pengaduan pada Pembudidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) yang tergabung pada Pola kemitraan PT Timoer Mandiri Akuakultur Di Kabupaten Jember. Serta Meningkatkan hubungan kerjasama antara PT. Timur Mandiri Akuakultur (TMA) dengan kampus Politeknik Negeri Jember. Pendekatan metode dalam pemecahan masalah adalah dengan Upaya Peningkatan SDM yang dilakukan Selama Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) adalah dengan Melakukan Pelatihan kepada Pihak PT. Timur Mandiri Akuakultur mengenai Manajemen Data Google Aplikasi (Google Drive, Google Formulir, Google Sheet, Google Doc dan Google Data Studio) dalam Rangka Pengolahan Data Hasil serta Memberikan Pelatihan Kepada Mitra tentang Bagaiman Memberikan Aspirasi dan Pengaduan terhadap Permasalah Pembudidaya sebagai Mitra Pembudidaya pada PT.Timur Mandiri Akuakultur. Hasil dari Upaya peningkatan Pelayanan terhadap Pembudidaya PT.Timur Mandiri Akuakultur. yaitu melakukan penyuluhan dan pelatihan pada mitra tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan SDM tentang Digitalisasi Aspirasi dan Pengaduan termasuk Keterampilan Mitra dalam Memberikan Saran dan Masukan tertulis dengan Elektonik Formulir serta Mengaplikasikan Respon Petunjuk Penanganan Masalah Budidaya yang diberikan dari PT Timur Mandiri Akuakultur Di Kabupaten Jember.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiari, TantiNIDN0013097005
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 231 - Sosial Ekonomi Perikanan
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: Ginanjar Adi Saputra
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:46
Last Modified: 13 Jul 2024 03:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34070

Actions (login required)

View Item View Item