Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Rawat Inap Di Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso

Nurlaily, Ervin Fitrianti (2024) Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Rawat Inap Di Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (226kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (206kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pending klaim terjadi karena adanya penundaan pembayaran oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Di Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso ditemukan berkas klaim rawat inap yang di pending pada caturwulan terakhir 2022 mencapai 6,30% atau 157 berkas dikembalikan dari jumlah layak 2489 berkas. Dampaknya pada pencairan dana klaim tidak tepat waktu sehingga berpengaruh terhadap arus kas rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor penyebab pending klaim BPJS rawat inap menggunakan teori perilaku Lawrence Green. Jenis penelitian kualitatif dengan pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, CARL, brainstorming dengan subjek penelitian berjumlah 11 orang. Hasil penelitian pendidikan terakhir petugas pendaftaran pasien BPJS rawat inap bukan pendidikan tenaga kesehatan, kurangnya pengetahuan petugas pendaftaran pasien BPJS rawat inap mengenai regulasi tentang tarif kelas rawat inap pasien bayi, kurangnya sikap ketelitian petugas yang terlibat dalam melengkapi persyaratan berkas klaim rawat inap, SIMRS belum bridging dengan INA-CBGs dan tidak tersedianya checklist berkas klaim rawat inap, sebagian besar petugas TPRS belum pernah mengikuti pelatihan, belum terdapat punishment secara tertulis, belum terdapat SOP pendaftaran pasien BPJS rawat inap dan pelaksanaan SOP pengiriman berkas klaim belum diterapkan secara maksimal. Upaya perbaikan kepala TPRS melakukan pembagian tugas kepada petugas yang terlibat dalam penginputan data klaim ke INA-CBgs, mewajibkan untuk menggunakan checklist berkas klaim rawat inap, mengikuti pelatihan koding khusus klaim dan administrasi pengajuan klaim serta dilakukan monitoring 2 kali dalam seminggu dan evaluasi bulanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNuraini, NovitaNIDN0007118403
Uncontrolled Keywords: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Pending Klaim, Perilaku, Rawat Inap
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 358 - Ilmu Asuransi Jiwa dan Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Ervin Fitrianti Nurlaily
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:13
Last Modified: 02 Jul 2024 04:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33384

Actions (login required)

View Item View Item