Manajemen Pengendalian Kualitas Karkas Ayam Pada Ruang Proses Produksi Dirty Area PT. Ciomas Adisatwa Unit Pabelan Kabupaten Semarang

Maula, Rodhiyatul (2024) Manajemen Pengendalian Kualitas Karkas Ayam Pada Ruang Proses Produksi Dirty Area PT. Ciomas Adisatwa Unit Pabelan Kabupaten Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (29kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP_D41201881_RODHIYATUL MAULA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

PT. Ciomas Adisatwa Unit Pabelan adalah perusahaan yang tergabung dalam Japfa Group yang bergerak dalam bidang pemotongan ayam pedaging atau ayam broiler. PT. Ciomas Adisatwa Unit Pabelan Kabupaten Semarang memasok bahan baku ayam dari berbagai peternak di Provinsi Jawa Tengah dan masih dibawah naungan Japfa Group, tidak mengambil dari peternak luar. PT. Ciomas Adisatwa Unit Pabelan menghasilkan dua macam produk yaitu fresh dan frozen. Untuk produk fresh berupa karkas dan jeroan (hati ampela, kepala, ceker, jantung, usus, dan tembolok). Sedangkan untuk produk frozen terdiri dari ayam utuh, cut up (ayam yang dipotong menjadi beberapa bagian), boneless, dan MDM (daging giling). Permasalahan yang terjadi di PT. Ciomas Adisatwa Unit Pabelan Kabupaten Semarang adalah masih terdapat penyimpangan atau ketidaksesuaian pada proses produksi karkas antara lain belum maksimalnya pada pengawasan karkas, sehingga masih ada yang tidak memenuhi standar seperti sisa bulu, terkena cairan empedu, masih tersisa kulit ari dan ayam memar diatas standar masuk ke proses lanjutan. Hal tersebut disebabkan kurang telitinya tenaga kerja dalam pengecekan setiap prosesnya, suhu ruangan yang tidak stabil, terjadi kerusakan pada mesin, pekerja tidak fokus, penyembelihan tidak sempurna, dan farm yang kurang terjaga kebersihannya. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kualitas karkas ayam untuk masuk pada tahapan proses produksi selanjutnya yaitu proses produksi bersih (clean area), sehingga menyebabkan tenaga kerja di ruang proses produksi bersih (clean area) melakukan pengecekan ulang pada karkas ayam yang seharusnya sudah masuk tahapan bersih namun masih terdapat karkas ayam yang tidak memenuhi standar.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIsmail, Andi MuhammadNIDN0002038903
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Proses Produksi, Dirty Area
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 214 - Teknologi Hasil Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Rodhiyatul Maula
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:55
Last Modified: 28 Jun 2024 02:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33235

Actions (login required)

View Item View Item